Gelar Apresiasi Budaya Lemahabang

Cirebon, CirebonMedia – Suguhan penampilan kebudayaan dan beragam kesenian yang ada di wilayah kecamatan Lemahabang dan sekitarnya telah selesai ditampilkan untuk menghibur masyarakat.

Sebagai upaya melestarikan budaya dan kearifan lokal di kecamatan Lemahabang, sejumlah seniman rela bersusah payah untuk mempersiapkan berbagai keperluan untuk dipentaskan pada selasa dan rabu malam 28-29 Agustus 2018.

Kegiatan ini diselenggarakan di Alun-alun kecamatan Lemahabang dari jam 7 malam sampai dengan selesai. Dengan menyelenggarakan kegiatan di pusat kecamatan Lemahabang ini menjadi kesempatan yang sangat bagus bagi komunitas budaya untuk tampil, dan menunjukkan yang terbaik secara langsung kepada masyarakat.

Berbagai kesenian ditampilkan dengan begitu ciamik, diantaranya adalah calung, reog, angklung arumba, angklung SLB, pencak silat, kreasi seni tari, qosidah balasik, serta yang paling utama yaitu pertunjukan wayang pitutur dan wayang golek.

Ratusan pengunjung terpukau menyaksikan jalannya acara, terutama pada saat atraksi sembur api dan berjalan di atas bara api yang menyala-nyala.

Tapi sementara itu, seniman masih mengeluhkan Gelar Apresiasi Budaya Lemahabang ini sendiri menggunakan anggaran pagu indikatif kewilayahan kecamatan Lemahabang yang dirasa belum maksimal terutama tentang serapan anggarannya.

Meskipun begitu, seniman berharap agar pemerintah Cirebon tidak setengah hati dalam melestarikan serta mendukung kesenian dan kebudayaan.

Yang berperan penting agar budaya kita tetap terjaga, sangatlah beruntung berada di dalamnya. Dengan mencintai, kita akan merasa memiliki, bertanggung jawab dan rela melakukan yang terbaik. Serta berusaha agar budaya kita tetap terlihat menawan, tak termakan oleh zaman, bahkan lebih sempurna di mata dunia.

Mencintai budaya sama halnya dengan mencintai orang yang kita sayang. Kita tak akan tau betapa indah, kaya, dan betapa agungnya kebudayaan yang kita punya jika kita tak menyatu dengannya.

Cultures makes people understand each other better. And if they understand each other better in their soul, it is easier to overcome the economic and political barriers. But first they have to understand that their neighbour is, in the end, just like them, with the same problems, the same questions. – Paulo Coelho

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This