Besok Mau Lomba Panjat Pinang? Lakukan Tips Ini

Bila sudah masuk ulang tahun kemerdekaan Indonesia, para warga banyak yang mencari batang pinang. Batang pinang tersebut digunakan untuk salah satu lomba di acara 17 Agustusan. Sebelum digunakan batang pinang tersebut diolesi dengan oli agar menambah semaraknya perayaan HUT Indonesia. Pada bagian atas pinang akan digantungkan beberapa macam hadiah untuk diperebutkan. Namun tidak banyak orang yang dapat memanjat pinang dengan mudah. Lantas bagaimana cara memanjat batang pinang yang mudah.

Kekompakan Tim

Dalam setiap pekerjaan tim sangat dibutuhkan yang namanya kekompakan. Karena jika tak ada kekompakan maka suatu tim tak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Cobalah sebelum pertandingan menyusun rencana bagaimana strategi yang baik untuk digunakan nantinya. Siapa yang berada di bagian paling bawah, menengah dan bagian paling atas.

Koordinasi yang Kuat

Ketika bertanding sangat diperlukan koordinasi yang kuat dalam sebuah tim. Di mana saat bertanding, formasi, kepercayaan dan lainnya akan membentuk suatu koordinasi tim yang kuat. Bentuklah sikap saling percaya kepada anggota tim, jangan meragukan kemampuannya karena itu akan menjadi masalah tersendiri untukmu.

Seorang Pemimpin

Di dalam sebuah tim harus ada seorang pemimpin yang akan memberikan petunjuk ketika bertanding. Pemimpin bisa dipilih dari anggota tim ataupun dari non anggota. Seorang pemimpin harus mampu memberikan kepercayaan diri, dukungan moril, petunjuk, dan semangat kepada para anggotanya. Sangat sulit memang untuk memilih seorang pemimpin.

Tenaga Ekstra

Bagaimana rasanya saat salah seorang teman sudah ingin menggapai bagian atas batang pinang, namun kamu yang menjadi tumpuannya kehabisan tenaga. Maka dari itu tenaga sangat diperlukan dalam pertandingan. Jagalah kondisi tubuh, pemanasan sebelum bertanding, minum air putih yang banyak, dan jangan terlalu capek sangat dibutuhkan untuk mendapatkan tenaga yang maksimal.

Niat dan Doa

Dan yang terakhir adalah niat dan doa. Tanpa niat suatu pertandingan tidak akan berjalan sesuai rencana. Dan tanpa doa, tuhan bisa saja tidak menghendaki kamu memenangkan pertandingan. Niat dan doa merupakan tips yang paling penting.

Jika semua tips di atas dilakukan dengan baik, maka tidak mungkin kamu tidak memenangkan bendera merah putih dan memenangkan hati uang.

Penulis : Afip Maulana
Sumber : www.vebma.com

Shares
Share This