Presiden Jokowi Direncanakan Akan Hadir Di FKN XI 2017 dan Raja Raja di Cirebon

Cirebon Media – Presiden RI Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi direncanakam bakal menghadiri Festival Keraton Nusantara (FKN) XI yang dihelat di Kota Cirebon pada 15 hingga 19 September mendatang.

Sultan Kasepuhan Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat mengatakan Jokowi direncanakan hadir pada perhelatam akbar bagi raja-raja di Indonesia itu.

“Beberapa hari lalu saya ketemu dengan presiden, Insya Allah Pak Presiden akan datang ke sini (Cirebon). Tapi belum dipastikan tanggal berapanya ya,” kata Sultan Arief saat dihubungi detikcom, Sabtu (9/9/2017).

Arief mengatakan sebelum pelaksanaan FKN XI di Kota Cirebon, Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri terlebih dahulu. Untuk itu, sambungnya, presiden belum bisa memastikan tanggal berapa bisa datang menghadiri FKN. Sultan pun sudah mengantisipasi jika Jokowi tak bisa hadir pada FKN.

“Beliau (Jokowi) kan ada kunjungan ke Eropa. Tanggal 15 itu beliau baru balik dari kunjungannya ke luar negeri, kan bersamaan dengan hari pertama FKN. Kalau gak datang kan ada gubernur, kemudian kita undang juga kementerian terkait. Tapi kita masih nunggu kepastian presiden dulu,” ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tamu undangan yang akan hadir di pehelatan akbar FKN sebanyak 8 ribu undangan, di mana 100 tamu berasal dari kekeratonan atau kesultanan. Sementara itu, sebanyak 150 untuk para raja dan sultan yang rencananya bakal hadir di FKN.

“Kita mendorong itu (UU Nomor 5/2015) pada FKN lalu. Kemuningkinan di sini akam muncul juga rekomendasi tentang kebudayaan atau ekonomi, nanti tegantung dari kondisi yang ada,” katanya.Panitia juga manargetkan pasca perhelatan FKN, destinasi wisata yang ada di Cirebon, baik budaya, sejarah, kuliner, dan belanja bisa lebih dikenal. Selain didukung dengan adanya FKN, peningkatan wisatawan juga ditunjang oleh pembangunan infrastuktur di Wilayah III Cirebon yang mulai berkembang.

 

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3635809/presiden-jokowi-direncanakan-hadiri-pertemuan-raja-raja-di-cirebon?_ga=2.211650133.1906373953.1505190426-393359994.1503998076