11 Uang Rupiah Emisi 2016 Resmi Diedarkan

Cirebonmedia.com – Rupiah merupakan simbol kedaulatan negara yang wajib dihormati dan dihargai. Undang – undang No. 7 Tahun 2011 tentang mata uang menetapkan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan di seluruh wilayah Indonesia.  Hari ini (19/12) yang bertepatan dengan hari bela Negara, Bank Indonesia (BI) secara resmi menerbitkan dan mengedarkan uang rupiah emisi 2016 yang terdiri dari 7 pecahan uang rupiah kertas (Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000,  Rp 5.000, Rp 2.000, Rp 1.000) dan 4 pecahan uang rupiah logam (Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, Rp 100).

Menurut Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo dalam siarang langsung peresmian uang rupiah di channel youtube Bank Indonesia, peresmian uang rupiah emisi 2016 adalah momen special. “Pengeluaran dan pengedaran uang baru ini adalah momen spesial karena yang pertama kalinya dilakukan secara serentak sejak Indonesia merdeka. Dengan diterbitkannya rupiah emisi 2016 uang rupiah kertas dan logam yang telah dikeluarkan dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh BI.” Ungkap Agus D.W. BI senantiasa berupaya agar ketersediaan uang rupiah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup dan pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar di seluruh wilayah Indonesia. Agus D.W. BI menambahkan bahwa kualitas uang rupiah perlu dijaga dan dirawat dengan baik. “Menjaga uang rupiah itu sama artinya dengan menjaga simbol kedaulatan negara. Kita perlu meninggalkan kebiasaan yang kurang baik seperti membasahi, melipat, meremas, mencoret-coret serta mensteples uang rupiah apapun alasannya.” jelas Agus D.W. Dalam sambutannya itu Gubernur Bank Indonesia juga berharap kepada pemerintah agar mendukung proses penyelesaian rancangan undang-undang redenominasi uang rupiah sehingga akan dilakukan penyederhanaan jumlah digit pada dedominasi pecahan rupiah yang akan diikuti dengan penyesuaian harga barang dan jasa.

11 Uang Rupiah Emisi 2016 Resmi Diedarkan
11 Uang Rupiah Emisi 2016 Resmi Diedarkan

Sementara itu, Presiden Indonesia Joko Widodo yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa mencintai rupiah merupakan salah satu wujud kecintaan pada kedaulatan dan kemandirian indonesia. “Di tiap lembar rupiah kita tampilkan gambar pahlawan, tari nusantara dan pemandangan alam Indonesia sebagai wujud kecintaan budaya dan karakteristik Indonesia. Karena itu saya mengajak seluruh insan di tanah air untuk terus mencintai rupiah dengan cara yang nyata, selalu menggunakan rupiah di tiap transaksi keuangan di dalam negeri.” terang Jokowi. ia juga menginstruksikan agar pengaman pada rupiah lebih diperkuat. “Teknologi pengamanan yang digunakan negara jangan sampai kalah dengan para pemalsu rupiah. Diperhatikannya juga tentang ketersediaan rupiah di berbagai pelosok Indonesia” imbuh Jokowi. Karena rupiah merupakan identitas Indonesia maka mari kita menjaga martabat dan kedaulatan rupiah di negara Indonesia dan dunia.

Shares
Share This