iPusnas Aplikasi Online Perpustakaan Nasional

Cirebonmedia.com – Menurut survey yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2012, tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia masih sangat rendah dengan hanya 0,0001 persen. Itu artinya dari seribu orang hanya ada satu orang yang gemar membaca. Kondisi itu sangat berbeda dengan kegemaran masyarakat akan gadget dan internet. Yang juga tak kalah mencengangkan, adalah penggunaan akun media sosial di Indonesia menduduki peringkat dua dunia, yaitu 79 juta penduduk Indonesia memiliki akun media sosial.

Menyadari fenomena tersebut, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memanfaatkan peluang tingginya penggunaan gadget dan internet untuk meningkatkan kegemaran membaca. Untuk itu perpurnas merilis sebuah aplikasi bernama iPusnas yang merupakan sebuah aplikasi perpustakaan digital berbasis perangkat mobile, atau biasa disebut dengan e-mobile library. Untuk dapat mengakses iPusnas sangatlah mudah. Anda cukup mengunduh aplikasi iPusnas melalui Google Play (android), Appstore (iPhone), atau desktop melalui www.ipusnas.id. Setelah selesai mengunduh, pemustaka diharuskan melakukan pendaftaran menggunakan akun media sosial facebook atau via email yang terintegrasi dengan database keanggotaan Perpusnas.

Perpustakaan online nasional
Perpustakaan online nasional

Jika telah terdaftar, Anda bisa menikmati beragam fitur yang ditawarkan iPusnas. Antara lain koleksi buku yang memudahkan pembaca mengakses 20 ribu judul buku. Koleksi buku tersebut dikelompokkan dalam puluhan genre, seperti fiksi, humaniora, agama, anak, bisnis dan ekonomi, budaya, gaya hidup, komunikasi dan jurnalis, sastra, psikologi, sejarah, seni, sosial politik, teknologi, dan masih banyak lagi. Setelah memilih genre, akan muncul judul buku dan Anda bisa langsung meminjamnya. Sejauh ini, yang paling banyak diminati adalah genre pendidikan, anak, dan bahasa. Selain itu, iPusnas juga memiliki fitur ePustaka yang di dalamnya terdapat e-Katalog dan Popular. Di dalam aplikasi tersebut juga terdapat fitur yang memungkinkan untuk melihat semua aktivitas pengguna iPusnas, seperti informasi terbaru dan buku yang dipinjam.

iPusnas juga menyertakan rak buku virtual yang berisi daftar buku yang dipinjam pengguna. Anda bisa menuliskan komentar atau ulasan mengenai buku yang dibaca, kemudian membagikannya kepada teman, baik lewat media sosial, WhatsApp, BBM, maupun email. Melihat lengkapnya fitur iPusnas, maka Anda tak ubahnya seperti meminjam buku langsung di perpustakaan. Perbedaannya, iPusnas dilakukan secara digital. Layaknya meminjam buku di perpustakaan, terdapat aturan jika Anda meminjam buku melalui iPusnas.

Shares
Share This