Pekerjaan ini Diprediksi Akan Digantikan Segera oleh Robot

Cirebonmedia.com- Kecanggihan dunia teknologi sudah tak dapat terbendung lagi, berbagai inovasi telah diciptakan manusia untuk membantu menyelesaikan pekerjaan nya dan salah satu dari kecanggihan tersebut ialah Robot.  Robot terbukti telah membantu berbagai pekerjaan manusia seperti yang telah diterapkan oleh negeri sakura Jepang tempat produksi dan pengembangan robot.

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, atau pun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan.

Seiring perkembangan zaman, robot dan kecerdasan buatan (AI) menjadi semakin canggih. Dua teknologi ini pun perlahan-lahan mulai bisa menggantikan peranan manusia dalam berbagai hal. Dalam lima tahun mendatang, robot dan AI bahkan diperkirakan sudah mampu mengambil alih berbagai posisi di tiga bidang pekerjaan, yakni customer service, logistik dengan truk, dan taksi.

Tidak hanya ketiga area itu saja, dimasa depan ada beberapa pekerjaan manusia yang akan segera digantikan oleh robot dan Al. Diantaranya adalah:

Web Designer/Web Developer Bisa tergantikan oleh: The Grid

Konsep AI dari The Grid dirancang untuk melakukan pekerjaan seorang web designer atau developer, seperti desain dan coding dengan presisi tajam. Dengan sedikit input dari penggunanya, AI ini akan merancang sistem bisnis dan website sesuai kebutuhan.

Online Marketer Bisa tergantikan oleh: Persado

Persado dilengkapi data mengenai teknik persuasi yang menjadikannya cocok untuk perusahaan periklanan atau bidang marketing. Program ini juga sanggup memberi sentuhan pribadi dengan pesan-pesan yang dirancang sesuai untuk menargetkan klien sebagai individu.

Robot masa depan
Robot masa depan

Manajer Kantor Bisa tergantikan oleh: Betty

Saat ini Betty sedang dalam periode uji coba di Inggris untuk diluncurkan sebagai bot yang mampu menavigasi lingkungan kerja dan melakukan tugas terkait manajemen kantor, seperti menyapa tamu dan staf, mengontrol jam kerja dan lembur pegawai, serta melakukan inventory untuk perlengkapan kantor.

Akuntan Bisa tergantikan oleh: Smacc

Smacc mungkin bukan teknologi pertama yang membantu manusia melakukan digitalisasi proses akuntansi, namun teknologi sebelumnya masih butuh bantuan manusia untuk melakukan input data secara manual. Dengan Smacc, klien cukup menyerahkan bon dan dokumen yang dibutuhkan. Smacc akan mengubah data ini menjadi format yang kompatibel untuk dibaca mesin ini, melakukan enkripsi, dan perhitungan sesuai kebutuhan.

Jurnalis Bisa tergantikan oleh: Wordsmith

Dunia kreatif pun tidak luput dari tantangan teknologi. Program AI semacam Wordsmith telah melalui sejumlah tahap uji coba untuk menulis berita. Program ini dapat melakukan riset dengan cepat dari kolam data yang besar, dan membuat laporan berita secara efisien.

Shares
Share This