Rumput Laut Bisa Mengatasi Masalah Kulit

Cirebonmedia.com- Banyak tumbuhan di dunia yang memiliki khasiat dan manfat bagi kesehatan tubuh mulai dari organ tubuh hingga bagian kulit pada manusia. Memang kandungan yang terdapat pada tumbuhan menyimpan segudang keistimewaan seperti vitamin, mineral, zat besi dan nutrisi. Dan salah satu tumbuhan yang memilki manfaat baik untuk kulit adalah Rumput laut.

Rumput laut adalah tumbuhan jenis alga, yang termasuk ganggang multiseluler golongan divisi thallophyta. Berbeda dengan tumbuhan sempurna pada umumnya, rumput laut tidak memiliki akar, batang, dan daun. Bentuk rumput laut pun beragam ada yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau juga seperti ranting dengan cabang-cabang.

Rumput laut pertama kali dikenal oleh bangsa Cina kira-kira tahun 2700 SM. Masa itu rumput laut di gunakan sebagai sayuran dan obat-obatan. Pada 65 SM,bangsa Romawi menggunakan sebagai bahan baku kosmetik.Namun dari waktu-kewaktu pengetahuan rumput laut pun semakin berkembang.  Rumput laut mulai di publikasikan pada abad ke-17 oleh Jepang dan Cina yang merupakan bangsa maju dalam bidang rumput laut,baik diproduksi mau pun pemaanfaatanya. Dan kemudian hingga sekarang tumbuhan ini dikenal  dapat mengatasi masalah yang terjadi pada kulit.

Kaya akan vitamin dan mineral membuat tumbuhan ini semakin populer yang bisa digunakan merawat kecantikan kulit tubuh. Berikut adalah manfaat rumput laut bagi kulit:

 

Meremajakan kulit

Tumbuhan ini  kaya akan yodium yang dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan asam amino yang menyerap yodium dan menghasilkan zat kimia pengatur metabolisme dalam darah. Lancarnya metabolisme membantu peremajaan kulit.

Seaweed
Seaweed

Pengelupasan sel kulit mati

Tumbuhan ini  dapat menarik kotoran dan kelebihan cairan dari kulit. Sering dijadikan pembersih alami dan digunakan sebagai lulur karena khasiatnya yang dapat meregenerasi sel kulit mati.

Minimalisir selulit

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada tumbuhan ini dapat menghapus parut yang diakibatkan oleh selulit. Beberapa pelembab yang mengandung rumput laut sudah dijual di pasaran untuk mengatasi selulit dan stretchmark.

Detoksifikasi kulit

Tanaman ini merupakan salah satu tumbuhan yang baik untuk membantu mengeluarkan racun dan kotoran dalam kulit. Sebesar 40 persen ekstrak rumput laut dapat diserap kulit dalam waktu 30 detik. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut bisa bertahan hingga lebih dari tiga hari dalam proses detoksifikasi.

Shares
Share This