5 Tokoh Indonesia yang Berpengaruh di Dunia

Cirebonmedia.com- Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang sangat mengagumkan, negara ini dikenal karena sumber daya alamnya yang melimpah dan juga keindahan alamnya seperti pulau Bali yang menjadi salah satu pulau terbaik di dunia. Di balik itu semua ternyata ada tokoh-tokoh dari Indonesia yang berpengaruh di dunia.

Bicara soal ketenaran Indonesia di mata internasional, tentunya tidak terlepas dari peran para tokoh dalam negeri yang berjuang mengharumkan nama bangsa. Ke mana pun mereka pergi, apa pun yang mereka lakukan menjadi panutan, dikenang bahkan diabadikan di luar negeri sehingga tokoh asal Indonesia ini berpengaruh di Dunia.

Lalu, siapa saja tokoh Indonesia yang berpengaruh di Dunia? Berikut adalah 5 tokoh Indonesia yang berpengaruh di Dunia:

 

Sukarno

tokoh indonesia 500X500 Prestasi Bapak Proklamator Indonesia jelas tidak dapat dipungkiri lagi. Sebagai pendiri NKRI, ia berjuang melawan penjajahan Belanda dan Jepang hingga membawa Indonesia ke gerbang kemerdekaan. Pada masa kepemimpinannya, ia dikenal tegas, berpendirian teguh dan berani. Selagi sibuk dengan pembebasan rakyat Papua Barat, ia bisa menyerukan “ganyang Malaysia”. Ketika hubungan dengan negeri jiran semakin memanas, Bung Karno tak segan angkat kaki dari PBB hanya karena Malaysia dimasukkan ke dalam anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Tidak terhitung banyaknya, campur tangan Soekarno dalam organisasi kawasan dan internasional. Sebut saja di antaranya, pendirian ASEAN, KAA dan GNB sehingga beliau menjadi tokoh Indonesia yang berpengaruh di dunia. Di beberapa negara, namanya juga diabadikan sebagai nama jalan. Antara lain, nama masjid yang terletak di St. Petersburg, Rusia; nama jalan di Ibu Kota Maroko, dan dua nama jalan di Pakistan, yakni di Peshawar dan Lahore.

SoehartoINDONESIA-SUHARTO-HEALTH-FILES

Pada saat Soeharto masih menjadi penguasa di Indonesia, negara-negara di dunia sangat segan pada negara Indonesia. Hal itu lantaran pada masa pemerintahan beliau bangsa ini memiliki struktur kenegaraan yang sangat baik dan seimbang, diamana seluruh kekuatan merata diseluruh aspek seperti Ekonomi, Politik, dan juga meliter. Menurut hasil survey Indobarometer dan survey Setara Institute menunjukkan Soeharto presiden terbaik di Indonesia. Soeharto adalah pemimpin besar yang banyak dipuja. Dengan kepemimpinan beliau serta kebijakan yang dibuat oleh “The Smiling General” ini membuatnya menjadi tokoh Indonesia yang berpengaruh di dunia.

Bacharuddin Jusuf Habibie

Peringatan Hari Lahir Pancasila Prof. Dr.-Ing. Dr. Sc. H.C. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie lahir tanggal 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan Indonesia. Setelah menyelesaikan kuliahnya dengan tekun selama lima tahun, B.J. Habibie memperoleh gelar Insinyur Diploma dengan predikat Cum Laude di Fakultas Teknik Mekanik Bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Udara. Kejeniusannya membawanya memperoleh Gelar Doktor Insinyiur di Fakultas Teknik Mekanik Bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Udara dengan predikat Cum Laude tahun 1965. Prof. B.J. Habibie mempunyai medali dan tanda jasa nasional dan internasional, termasuk ‘Grand Officer De La Legium D’Honour, hadiah tertinggi dari Pemerintah Perancis atas konstribusinya dan pembangunan industri di Indonesia pada tahun 1997; ‘Das Grosskreuz’ medali tertinggi atas konstribusinya dalam hubungan Jerman-Indonesia tahun 1987; ‘Edward Warner Award, pemberian dari Dewan Eksekutif Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) pada tahun 1994; ‘Star of Honour ‘Lagran Cruz de la Orden del Merito Civil dari Raja Spanyol tahun 1987. Dia juga menerima gelar doktor kehormatan dari sejumlah universitas, seperti Institut Teknologi Cranfield, Inggris; Universitas Chungbuk Korea dan beberapa universitas lainnya.Dan saat ini beliau Pemegang 46 Paten di bidang Aeronautika sehingga membuatnya menjadi tokoh Indonesia yang berpengaruh di dunia.

tokoh indonesia 4

Sri Mulyani Indrawati

Wanita pertama Indonesia yang menduduki jabatan penting di organisasi vital dunia yaitu Bank dunia. Ia merupakan wanita pertama Indonesia yang menduduki jabatan strategis sebagai direktur pelaksana bank dunia. Kemampuan Sri Mulyani sangat dikagumi dunia, hal ini terbukti ia dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh peringkat ke-23 di dunia versi Forbes di tahun 2008.

Prof . Dr. Mezak Arnold Ratag

tokoh indonesia 5 Beliau adalah Penemu Planetary Nebula Cluster. Astronom lulusan ITB Bandung ini namanya telah diabadikan di 120 Planetary Nebula Cluster, termasuk Ratag-Ziljstra-Pottasch-Menzies dan Ratag-Pottasch cluster, yang telah ia temukan. The International Astronomical Union begitu menghargai karyanya pada Planetary Nebula yang merupakan sebuah langkah maju yang besar dalam ilmu pengetahuan. Ia juga menerima penghargaan tertinggi untuk kepeloporan kerjanya dalam model iklim.

Shares
Share This