Selamatkan Generasi Penerus Bangsa Di Era Krisis Moral Di Indonesia

Cirebonmedia.com- Mengenai moral generasi penerus bangsa di Indonesia. Memang menarik karena di Indonesia sendiri ternyata akhir-akhir ini banyak sekali kasus-kasus atau kejadian yang menghebohkan dari pelecehan seksual yang bahkan korbannya sampai dibunuh, ada juga kasus yang tentang cangkul juga dan sebagainya, yang tentunya membuat bulu kuduk kita sampai merinding yang parahnya lagi pelakunya sendiri merupakan anak-anak yang bahkan masih berada di bawah umur dan mereka merupakan para penerus bangsa.

Moral itu apa sih? Dikutip dari KBBI moral merupakan “ baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan lain sebagainya.” Lantas bagaimana dengan kondisi moral para penerus bangsa kita di masa sekarang ini? Di Indonesia sendiri sekarang sedang KRISIS MORAL!, mengapa demikian? Kita bisa melihat di berbagai pemberitaan seperti yang sudah dijelaskan di atas sudah banyak sekali pemberitaan mengenai berbagai kasus yang membuat kita sangat miris ketika melihatnya.

Lantas bagaimana peran dari sekolah?

moral sekolah

Seperti yang kita tahu belum lama ini juga terjadi kasus juga yang menimpa seorang guru wanita yang pemberitaannya sangat membludak sekali di berbagai media. Dalam pendidikan di sekolah sendiri guru sekarang sudah sangat diawasi oleh HAM ketika guru melakukan suatu tindakan berupa hukuman berupa fisik, maka siap-siap saja untuk dipenjara. Pergerakan seorang guru di era yang penuh dengan HAM ini sangat menyudutkan si guru belum lagi guru sendiri sudah sangat banyak mengalami problema, jika dalam segi materi pun mungkin masih sangat susah jika guru tersebut masih menjabat sebagai seorang guru honor.

Lantas bagaimana dengan pembelajaran Non formal?

moral sosial Pembelajaran Non formal atau yang dapat dikatakan juga sebagai lingkungan non formal (sosial) adalah lingkungan yang paling berpengaruh dalam moral para penerus bangsa, setiap lingkungan sosial dimana anak itu berinteraksi dengan teman-temannya yang dalam tempat dan kondisinya di lingkungan sekitar anak itu tinggal. Dalam lingkungan non formal ini siswa belajar menangkap/merekam suatu hal yang berada disekitarnya maka dari itu lingkungan yang positif akan memberikan dampak yang positif kepada anak tersebut begitu juga jika lingkungan itu negatif maka anak pun akan merekam hal-hal yang negatif kedalam dirinya. Karena itulah ini sangat penting.

Lantas bagaimana dengan pembelajaran yang dilingkungan keluarga anak itu sendiri?

moral keluarga Keluarga tentunya juga merupakan hal yang penting dalam pembentukan moral si anak, terutama ketika siswa tersebut dirumah, peran orang tua harusnya selalu memberikan perhatian dan motivasi kepada anaknya dan juga harus ada pengawasan orang tua dalam setiap tingkah laku si anak tersebut. Dan orang tua juga harus dapat mengatur kapan anaknya bermain, belajar,  dan lain sebagainya, setidaknya agar dapat melatih sikap disiplin juga kepada anak tersebut. Selain itu ada juga faktor berupa dari media.

Orang tua harus selalu mengawasi anak dalam setiap apa yang dia lihat, dan dia simak seperti halnya ketika menggunakan berbagai media, baik itu televisi, gadget, dan lain-lain karena memang di era sekarang ini yang namanya teknologi media sudah sangat menjamur.

 

 

Oleh:  Ahmad Faisal

Shares
Share This