Selamat Hari Kebangkitan Nasional

Cirebonmedia.com – Seratus tahun lebih yang lalu, tanggal 20 Mei digalang kekuatan oleh para pemuda di wilayah nusantara ini untuk menyatukan tekad bangkit dari keadaan sebagai negeri terjajah. Kemudian setiap tanggal 20 Mei dikenal sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Hari Kebangkitan Nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.

Perjuangan Boedi Oetomo yang dipimpin oleh Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo kemudian dilanjutkan oleh kaum muda pada tahun 1928 yang kemudian melahirkan Soempah Pemoeda dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya Indonesa dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Seperti yang dikutip dari Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara pada Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 108 tahun 2016 tantangan baru yang muncul di depan memiliki dua dimensi terpenting, yaitu kecepatan dan cakupan. Tentu kita tidak ingin kedodoran dalam menjaga NKRI akibat terlambat mengantisipasi kecepatan dan meluasnya anasir anasir ancaman karena tak tahu bagaimana bersikap dalam konteks dunia yang sedang berubah.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional
Selamat Hari Kebangkitan Nasional

Oleh sebab itu dengan tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional Dengan Mewujudkan Indonesia Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter” kita harus menunjukkan bahwa tantangan apapun yang kita hadapi saat ini harus dijawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter.

Semoga di Hari Kebangkitan Nasional ke 108 di tahun 2016 ini dapat mempengaruhi semangat Trisakti: berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan serta diharapkan kinerja bangsa Indonesia semakin baik dan semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Dan semoga di tanggal 20 Mei ini, semangat dan rasa nasionalisme terhadap negara ini bangkit untuk , menjelma sebagai bangsa yang kuat. Pertahankan terus NKRI sampai kapanpun, selamat Hari Kebangkitan Nasional ke 108, Indonesia tetap Jaya.

Shares
Share This