Gedung Keresidenan Cirebon

Cirebonmedia.com- Gedung Negara atau Gedung Karesidenan Cirebon yang terletak di jalan Siliwangi Kota Cirebon ini merupakan sebuah bangunan tua yang sangat cantik, yang juga tak kalah saing dengan Istana Presiden yang berada di Bogor, bangunan satu lantai dengan lengkungan simetris di kiri dan kanannya ini memiliki halaman yang sangat luas dengan sebuah taman bundar yang terlihat asri dan hijau. Awalnya gedung yang dirancang oleh arsitek Belanda, Van De Berg pada tahun 1865 dimasa kepemimpinan Albert Wilhelm Kinder De Camureq ini merupakan bangunan kolonial yang digunakan sebagai tempat beristirahat para petinggi Hindia Belanda.

IMG_1113
Image By: Cirebon Media/ Bima

Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Cirebon Nomor 19 Tahun 2001, Gedung Negara ini merupakan Benda Cagar Budaya yang ada di Kota Cirebon, hal ini menjadikan Gedung Negara sebagai salah satu objek wisata bangunan tua di Kota Cirebon dan juga sebagai tempat pertemuan dan pergelaran seni budaya. Serta gedung negara ini juga sering digunakan untuk sesi pemotretan karena lokasinya yang bagus. Di tengah taman, Sang Saka Merah Putih berkibar di atas tiang bendera yang kokoh.

Ornamen-ornamen yang terdapat di dalamĀ  Gedung Karesidenan Cirebon masih banyak sekali barang-barang antik asli dari awal mula gedung itu di buat/dibentuk, Beberapa buah lampu anggun antik terlihat menggantung menghiasi teras depan bangunan yang memiliki nilai sejarah ini, dengan beberapa pasang kursi dan meja yang tampak nyaman sebagai tempat bersantai saat sore dan malam hari. Sayang kami tidak diperbolehkan masuk sehingga tidak bisa melihat ke dalam gedung yang konon keramik di setiap ruangannya berbeda.

Saat ini kondisi bangunan gedung Negara ini digunakan sebagai Kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Unit Pelayanan Perijinan Outlet Wilayah Cirebon Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini masih terjaga dengan keasliannya. Di halaman selatan gedung Negara ini terdapat area seluas 200 m yang didalamnya dipelihara 11 rusa tutul seperti yang terdapat di Istana Bogor Jawa Barat, gedung ini merupakan asset peninggalan zaman belanda yang patut untuk di lestarikan oleh warga Cirebonnya sendiri.

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This