Rencana Turunnnya Harga Bahan Bakar yang Pengaruhi TDL

Cirebonmedia.com-Bahan bakar adalah suatu materi  yang bisa diubah menjadi energi. Biasanya bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran dimana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara. Proses lain untuk melepaskan energi dari bahan bakar adalah melalui reaksi eksotermal dan reaksi nuklir. Hidrokarbon termasuk di dalamnya bensin dan solar sejauh ini merupakan jenis bahan bakar yang paling sering digunakan manusia. Bahan bakar lainnya yang bisa dipakai adalah logam radioaktif.

Rencana Pemerintah untuk menurunkan harga bahan bakar minyak bersubsidi jenis Premium dan Solar akhirnya diresmikan dan mulai berlaku mulai 5 Januari 2016.

Harga premium turun menjadi Rp 7.150 per liter dari harga semula Rp 7.400. Sedangkan harga baru solar menjadi Rp 5.950 dari harga sebelumnya Rp 6.700. Terkait dengan turunya bahan bakar minyak memungkinkan untuk berpengaruh pada tarif dasar listrik. Menurut Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN Persero Bambang, Dwiyanto mengaku saat ini perseroan tengah melakukan perhitungan untuk menentukan tarif listrik, Rencananya tarif listrik terbaru ini akan dirilis pada akhir bulan Desember nanti.

TLD 593X890 Meski belum ada keputusan tarif listrik akan turun atau tidak. Namun, harga minyak merupakan salah satu komponen yang dipakai perseroan dalam menghitung penyesuaian tarif dasar listrik. Penyesuaian tarif akan berlaku bagi kelompok pelanggan yang sudah tidak menikmati subsidi. Karena sudah tidak disubsidi, tarif listrik pelanggan tersebut bisa naik atau turun setiap bulannya.

Dan kemungkinan Untuk pelanggan rumah tangga, tarif, non subsidi berlaku untuk rumah tangga 1.300 voltampere (VA) ke atas. Begitu pula pelanggan industri dan bisnis juga ikut terkena penyesuaian tarif.

“Industri kecil dengan daya listrik sampai di bawah 200 kVA itu masih disubsidi jadi tak mengalami perubahan. Kalau bisnis itu, sampai 5.500 VA masih disubsidi.

Terkait Isu penurunan tarif dasar listrik disambut baik masyarakat, Ibu anis salah satu pedagang di kota Cirebon menurutnya penurunan tarif listrik akan berdampak pada kehidupan karena saat ini penghasilan masyarakat sedang tidak stabil.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Google.com

 

Shares
Share This