Memaknai Hari Batik Nasional

Cirebonmedia.com– Batik merupakan sebuah warisan budaya yang luhur dan mengandung nilai estetika bagi masyarakat Indonesia. Dan dengan keunikannya batik mampu menjadi popular bukan hanya bagi masyarakat Indonesia saja melain dunia mulai menggemari batik sebagai suatu warisan dunia dengan bentuk dan corak uniknya.

Sejak 2 Oktober 2009, Batik Indonesia telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Hal tersebut dilakukan dengan melihat berdasarkan pada teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya. Dan secara resmi ditandai dengan dikeluarkannya Keppres No. 33/2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menetapkan tanggal tersebut sebagai peringatan Hari Batik Nasional dengan diakuinya batik Indonesia sebagai warisan dunia.

Batik ialah sehelai kain yang dilukis atau digambar serta diwarnai dengan cara khusus dengan menggunakan lilin atau malam pada kain tersebut, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki ciri khas tersendiri yang nantinya menjadi suatu cirri dari daerah mana batik itu berasal.

hari Batik Nasional 539X890 Jika dahulu batik merupakan pakaian yang dianggap old fashion , lain hal nya dengan sekarang. Saat ini banyak sekali anak muda yang bangga mengenakan batik dan batik mulai menunjukan eksistensinya dalam dunia fashion moderen dan tak jarang batik dikombinasikan dengan jenis pakaian lain seperti gaun dan jas.

Dan disetiap tahunnya, ketika dalam kalender menunjukan tanggal 2 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari batik Nasional dengan berbagai kemeriahan untuk memaknainya. Biasanya serentak dalam hari itu masyarakat mengenakan baju batik dan banyak festival yang bertemakan batik digelar untuk menambah kemeriahan.

Mari kita maknai Hari Batik Nasional dengan semangat nasionalisme untuk lebih mengembangkan batik dengan inovasi-inovasi baru serta lebih menanamkan kebanggan dalam diri saat mengenakan salah satu warisan budaya dunia yang luhur ini.

Ketika orang-orang hebat seperti Barack Obama dan Nelson Mandela pun mengakui dan mencintai batik Indonesia, sudah sepatutnya kita sebagai bangsa Indonesia harus lebih mencintai dan melestarikan batik sebagai salah satu warisan budaya terbaik yang pernah ada. Selamat Hari Batik Indonesia!

 

 

Image By: Google.com

 

Shares
Share This