Cirebonmedia.com– Tahukah anda bahwa di Indonesia, jumlah hari libur dan tanggal merahnya cenderung lebih banyak dari negara lain? Selain itu kita juga mengenal istilah cuti bersama dan harpitnas alias ‘hari kejepit nasional’ yang membuat orang sering membolos untuk mendapatkan libur ekstra sehingga masa libur pun jadi semakin panjang. Namun liburan panjang juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi kita. Kembali bekerja setelah liburan panjang yang menyenangkan terkadang bisa membuat kita tidak bersemangat dan malas-malasan untuk kembali menjalani rutinitas di kantor. Pikiran dan jiwa kita mungkin masih tertinggal di hamparan pantai berpasir putih dengan laut biru jernih sembari minum es kelapa, padahal raga kita sudah kembali duduk di meja kantor sambil menghadap layar komputer.

Berikut ini terdapat beberapa tips untuk mengembalikan semangat kerja kita setelah menjalani liburan panjang.

  

Rapikan Pekerjaan.

Saat mendekati liburan kemarin kita bisa jadi berantakan lantaran ingin buru-buru lepas dari urusan kantor. Setelah kita kembali ke kantor, luangkan hari pertama untuk membereskan dan merapikan ulang kekacauan yang kita tinggalkan. Rapikan meja, email, serta file-file yang bertebaran di desktop-kita. Unduh desktop wallpaper atau icon folder baru agar kita lebih bersemangat menghadapi hari-hari kembali ke kantor.

 

Tampil berbeda

Buatlah sesuatu yang berbeda agar kita mempunyai semangat lebih untuk bekerja. Misalkan cukur rambut, menggunakan jam baru, ataupun sepatu yang berbeda dari biasanya. Dan bisa juga dengan menata ulang meja kerja kita. Hal-hal baru tersebut akan menambah semangat dan kreativitas kita.

 

Mulailah dengan sesuatu yang mudah

Saat mulai memilih dan memilah pekerjaan, cobalah untuk mencari pekerjaan yang lebih mudah diselesaikan terlebih dahulu. Ibarat mesin, kita juga perlu pemanasan. Saat “oli-oli” sudah melicinkan jalan mesin, maka pekerjaan apa pun akan terasa lebih nyaman untuk dikerjakan. Dan, jika pekerjaan yang dicicil dari yang mudah sudah terselesaikan sehingga semangat telah kembali seperti sebelum libur, segeralah beralih ke pekerjaan yang perlu tenaga dan pemikiran ekstra.

 

Olahraga

Tahukah anda bahwa olahraga bisa membuat kita lebih semangat dan bahagia? Ketika kita berolahraga, otak menghasilkan dopamin, senyawa kimia yang berperan sebagai neurotransmiter di otak yang penting dalam menghasilkan perasaan senang dan bahagia. Rencanakan pergi ke gym sepulang kantor atau lakukan olahraga ringan di meja kerja kita.

 

Rencanakan Liburan Selanjutnya

Kalau kita sedih liburan telah berakhir, maka cara paling gampang adalah rencanakan liburan selanjutnya. Cari tempat berlibur yang ingin kamu kunjungi berikutnya, rencanakan perjalanan, dan jangan lupa cari harga tiket serta akomodasi. Merencanakan liburan akan membuat kita semangat bekerja karena terpacu mengumpulkan dana untuk jalan-jalan. Bagaimana cara mengumpulkan biaya perjalanan kita? KERJA.

 

images: yukerja.com