Peran Tumbuhan Bagi Kehidupan

Cirebonmedia.com– Tuhan menciptakan alam semesta dengan pendamping yang mampu menjaga keutuhan serta dapat dimanfaatkan oleh  makhluk hidup  untuk tetap bertahan dalam siklusnya. Dan peran Tumbuhan sangat besar bagi kelangsungan hidup suatu makhluk di muka bumi ini.

Kenapa tumbuhan? Tumbuhan merupakan suatu spesies  yang memiliki peran besar dalam menjaga eksistensi makhluk hidup di bumi. Tumbuhan menyediakan bahan makanan bagi makhluk hidup di bumi serta  Tumbuhan menjaga atmosfer dengan menghasilkan oksigen dan mampu menyerap karbon dioksida selama fotosintesis. Dan sebagian besar kebutuhan manusia serta hewan untuk setiap harinya berasal dari tumbuhan.Bahkan, pada dunia medis serta sentra industri pun menggunakan tumbuhan sebagai produk unggulanya, banyak sekali yang dapat dimanfaatkan dari tumbuhan, dari batang, daun, bunga hingga akar sangat berguna bagi makhluk hidup lainnya.

Dalam artian harfiahnya  Tumbuhan merupakan salah satu dari klasifikasi makhluk hidup yang ada di bumi. Tumbuhan memiliki klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai media penciptaan makanan dan untuk proses fotosintesis. Dan tumbuhan memiliki ciri dengan dominasi warna hijau karena memiliki pigmen dari klorofil.

tumbuhan2 Tumbuhan telah berperan besar dalam kehidupan makhluk hidup lainnya, serta tumbuhan pula yang menjaga kelestarian lingkungan dan habitat makhluk hidup di bumi. Akan tetapi, banyak sekali manusia yang mengesampingkan peran penting tumbuhan bagi kehidupan dengan cara perusakan lingkungan yang sering terjadi seperti saat ini. Contoh kongkritnya adalah terjadinya Global Warming, peristiwa ini terjadi akibat ulah manusia yang gemar mengeksploitasi hasil dari tumbuhan dengan sangat rakus tanpa memikirkan kelestarian dan akibat dari hasil kegiatan mereka.

Sedemikian rupa manfaat yang diberikan oleh tumbuhan bagi kita, tetapi, apa yang sudah kita perbuat bagi tumbuhan? Sebagai makhluk yang berakal, alangkah baiknya kita juga menjaga tumbuhan dan menyayanginya, jangan biarkan tumbuhan punah dengan perlakuan yang berbanding terbalik dengan apa yang telah diberikan tumbuhan pada kita. Mari kita merapatkan barisan untuk melestarikan lingkungan dengan menjaga tumbuhan agar tetap memerankan perannya dalam menjaga eksistensi kehidupan bersama.

 

Image By: Google.com