#SUN4CRBN, Stand-Up Comedy “I Laugh U”

Cirebonmedia.com– Komedi menjelma menjadi salah satu kebutuhan penting psikologis manusia,terlebih karena tingkat stress yang tinggi karena tuntutan pekerjaan. Sedemikian rupa berkembangnya dunia bisnis, menuntut pekerja untuk berpikir ekstra keras. Tingkat konsentrasi dan fokus inilah yang tak jarang membuat mereka tegang, dan akhirnya lebih cenderung memilih hiburan yang fresh seperti komedi untuk menjadikannya penawar.

Tertawa adalah suatu hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan demikian kita menjadi orang yang bebas dan merdeka. Komedian legendaris Indonesia “WARKOP DKI” pun kerap sekali menyampaikan pesan tentang tertawa diakhir filmnya “Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang”. Hal ini menunjukan begitu pentingnya peran tertawa terhadap kehidupan manusia. Membahas soal tertawa kurang lengkap jika tak mengikutsertakan Stand-Up Comedy didalamnya, salah satu pertunjukan komedi yang belakangan ini marak digandrungi kawula muda bahkan tak jarang orang yang sudah lanjut usia pun turut mengonsumsi pementasannya.

Stand-Up Comedy adalah salah satu seni lawak, ditampilkan secara langsung pada penonton, dimana pada saat pementasannya menampilkan komika atau komedian tunggal yang melawak dihadap penonton dengan gaya khasnya. Akan tetapi tak jarang juga seni lawak ini ditampilkan oleh dua hingga tiga orang saat pementasan dan tentunya dengan gaya dan ciri khas mereka yang berbeda dengan comedian atau komikus lainya.

Awalnya Stand-Up Comedy lahir di Amerika sekitar tahun 1800an, dan padaa saat itu pertunjukan masih terlihat seperti pementasan drama teater. Di era itu di Amerika ada salah satu teater  terkenal  yang bernama Minstrel Show yang diselenggarakan oleh Thomas Dartmouth “Daddy” Rice. Inilah awal terciptanya seni lawak yang sekarang dikenal Stand-Up Comedy, sebelum terjadi perang saudara di Amerika,  The Minstrel Show sudah memulai kiprahnya sebagai seni lawak Stand-Up Comedy untuk pertama kalinya. Meskipun gaya lawakannya masih tergolong  lawakan yang sangat sederhana, akan tetapi hal itulah yang justru membuat mereka mendapatkan  apresiasi  yang sangat luar biasa hebat dari warga Amerika pada saat itu terutama warga Amerika dari kalangan menengah ke atas. Akan tetapi pada saat pementasan saat itu, acara ini sangat kental dengan unsur rasisme, contoh nyatanya adalah para comic nya yang dengan sengaja menghitamkan muka mereka yang bertujuan untuk mengejek warga Amerika yang berkulit hitam. Pada saat bersamaan, mic belum ditemukan, alhasil para comic melucu dengan cara Slapstick atau yang sekarang lebih dikenal  dengan Physical joke. Meskipun pada saat itu sangat minim alat property yang mendukung berlangsungnya pertunjukan, acungan jempol patut diberikan, karena acara ini mampu bertahan hingga memasuki abad ke 20.

Letak geografis Cirebon yang strategis, membuat kota ini sangat mudah berkembang mengikuti trend yang ada, tak terkecuali Stand-Up Comedy itu sendiri, belakangan ini Stand-Up Comedy di Cirebon tumbuh pesat dengan lahirnya komunitas Stand-Up Comedy. Seperti hal nya di kota-kota lainya, seni lawak ini mendapat animo masyarakat yang sangat luar biasa, banyak generasi muda “Kota Udang” turut andil bagian dalam mengembangkan dan tak jarang menggelaran pementasan Stand-Up Comedy.  Bertemakan “ I Laugh U”, Stand-Up Comedy Cirebon, kembali menggelar hiburan yang fresh untuk warga Cirebon dan sekitarnya. Acara ini adalah acara ke-4 setelah sebelumnya komunitas ini menggelar acara serupa. Dalam kesempatan kali ini, Stand-Up Comedy  Cirebon menampilkan Guest Star  ”Gilang Bhaskara dan Awwe” yang sudah dikenal dengan kemampuan melawak mereka yang punya ciri khas di hati penggemarnya. Acara ini berlangsung di Hotel bentani Cirebon Hall Sekar Tanjung, dengan animo masyarakat yang luar biasa terlebih dalam kesempatan kali ini Stand-Up Comedy Cirebon merayakan hari jadinya yang ke 3 dengan nama #SUN4CRBN yang memiliki makna Stand-Up Night 4 Cirebon.

Shares
Share This