4 Cara Mengatur Waktu Untukmu yang Mau Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil bekerja tentu bukanlah hal yang mudah, mengingat banyak tugas menanti untuk segera dikerjakan. Kadang kamu bahkan tak nggak punya waktu buat diri sendiri karena terlalu sibuk menuntut ilmu di kampus bersamaan dengan bekerja di kantor.

Nggak heran kalau sebagian besar mahasiswa akhirnya harus memilih antara meneruskan belajar atau berhenti kuliah dan lanjut bekerja. Padahal mengatur waktu saat kuliah sambil bekerja dapat dilakukan meski memang terasa sulit.
Berikut 4 cara supaya kamu bisa kuliah sambil bekerja

1. Bicarakan dengan Dosen dan Atasan

Kamu bisa membicarakan waktu kuliah dan kondisi kerja pada dosen pembimbing di kampus. Minta beberapa saran jika ada kelas yang bisa diikuti secara online atau meminta jadwal kuliah yang lebih fleksibel.
Banyak kampus yang kini sudah mulai menawarkan manajemen waktu kerja, dan ada beberapa cara yang bisa dicoba. Kamu juga perlu membahas kondisi tersebut dengan atasan di kantor.

2. Fokus

Tetap fokus adalah salah satu kunci mengatur waktu di kampus dan kantor. Pastikan juga nggak mikirin tugas kuliah saat berada di kantor, begitu juga sebaliknya.
Belajar juga dari kesalahan yang pernah dilakukan dan kerjakan tugas-tugas dari kantor dan dosen sebaik mungkin. Ingat selalu berusaha lakukan yang terbaik tak peduli seberapa ketat jadwalmu.

3. Jangan Mengeluh

Terkadang kuliah sambil bekerja memakan banyak waktu kita setiap hari bahkan kita hanya mempunyai waktu sedikit untuk refreshing . Bahkan ketika libur kuliah sekalipun kita tetap bekerja, jadi manfaatkan waktu libur kuliah untuk me-refresh kan diri . Memang terkadang sifat jenuh itu ada,karena kita terlalu bosan dengan hari-hari yang setiap hari kita jalani.

Jalani saja, tetap semangat dengan kesibukan ini. Mumpung masih muda, banyak-banyakin pengalaman. Toh, ini adalah pilihanmu sendiri, kamu harus bertanggung jawab pada pilihanmu selama nggak bersifat merugikan.

4. Tidur cukup

Kopi bukan jalan keluar saat harus mengerjakan tugas kuliah dan kantor bersamaan. Saat jadwal kian padat, pastikan kamu tetap tidur teratur. Kurang tidur justru dapat membuat pekerjaan lebih sulit karena dapat memicu gangguan kesehatan mental, fisik, meningkatkan stres dan seluruh jadwal kerja dan kuliah terganggu. Mengatur waktu bukanlah kemampuan yang bisa datang begitu saja. Butuh waktu hingga kamu bisa melakukannya dengan baik.

Penulis : Nisa