Pura Bawah Laut

Natascha Sheila
  • 2 bulan
  • 67
  • 0

Pada kehidupan normal, biasanya kita akan melihat dan mengunjungi candi-candi yang berada di darat. Seperti Candi Prambanan dan Borobudur, tetapi terdapat hal baru yang terjadi di Desa Pemutaran. Ternyata warga disana ingin membuat sesuatu yang unik dan berbeda dari tempat pariwisata lainnya. Dengan inovasinya maka jadilah Garden Temple atau candi yang sengaja ditengelamkan ke laut ,selain itu terdapat taman karang listrik dan yang terakhir adalah kuburan kapal. Ketiga objek wisata ini, di didirikan oleh warga asing yang bernama Chris Brown.

Pura Bawah Laut Pemuteran, Karya Seni Bawah Laut Ini Seperti Atlantis -  Dailyhotels.id
Sumber: https://dailyhotels.id/

Taman Pura yang dibuat mereka pada tahun 2000 silam selama kurang lebih 4 bulan ini diberi bantuan dana dari AusAid dan bantuan pemerintah setempat beserta para warga ,Taman pura yang mereka dirikan cukuplah unik karena berada di bawah laut .Yup benar di bawah laut ,Candi budha yang dibangun ini sengaja ditengelamkan dan tidak akan menjadi korosif ,Yang menonjol di candi ini adanya patung budha yang sangat besar berbagai macam gapura serta arca-arca khas bali. Semua patung serta arca yang ada di pura ini 100% buatan pengerajin setempat ,Terdapat 10 macam patung yang ada di dasar laut. Candi ini berlokasi di dua tempat yang berbeda, yang pertama di kedalaman 15 meter dan yang satunya berlokasi 30 meter bersamaan dengan taman karang . Selain candi yang ditenggelamkan ada juga taman terumbu karang seluas 4 meter, Taman karang ini dibuat untuk pelestarian serta penumbuhan karang-karang baru.

Pura Bawah Laut Pemuteran Bali, Mistis dan Menghebohkan Dalam Satu Paket -  Reresepan
Sumber: http://www.reresepan.com/

Yang unik disini itu adalah cara penumbuhan karang yang mereka pilih , mereka memilih BioRock cara ini menggunakan listrik dengan tegangan 6v hingga 10v yang akan dialiri terus hingga karang tumbuh dewasa dan hal ini sangat membantu pertumbuhan karang menjadi 2 hingga 6 kali lebih cepat dari biasanya. Selain itu taman ini memiliki 80% jenis terumbu karang yang ada di Indonesia, lalu juga ada berbagai jenis ikan-ikan yang lucu dan macam-macam kepiting serta biota laut yang lain. Taman ini menjadi paling unik di dunia, akibatnya taman ini diberikan penghargaan oleh SKAL(Organisasi pariwisata bawah laut), pengakuan oleh UNDP(United Nation Development Program ) dan juga lembaga pelestarian terumbu karang.

Jika kita tidak ingin ke pura bawah laut ada juga 2 pura yang di darat namanya Pura Pulaki dan Melanting (Pura hindu). Di pura ini kita dapat melakukan meditasi merelaksasikan otot-otot dan syaraf-syaraf badan sejenak sebelum pulang kembali ke rutinitas kehidupan. Saya jamin jika melakukan meditasi disini, kalian semua akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman yang sangat mendalam. Biasanya banyak lansia yang melakukan meditasi disini, tetapi jika kita para muda-mudi ingin mencobanya apa salahnya?.

pura melanting buleleng
Sumber: https://jelajahi-indonesiaku.blogspot.com/

Desa Pemuteran sendiri berlokasi di kecamatan Gerokgak, kabupaten Buleleng Bali Utara. Cukup dekat dengan wisata pantai lovina dan pura pulaki. Jika anda dari Bandara Ngurah Rai Denpasar dan ingin langsung menuju ke Desa Pemuteran, maka kita akan menempuh jarak sekitar 144KM melalui Bedugul. Dan mungkin membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan dan jika kita berangkat dari penyebrangan Gilimanuk, kita akan melalui kota Singaraja dengan perkiraan jarak sekitar 30KM. Lalu setelah kita sampai di desa ini dan ingin menuju lokasi pura bawah air, maka kita harus menaiki kapal sewaan selama 15menit. Nah di sana tidak ada hotel berbintang ,bar dan tempat hiburan lainnya hal ini dipilih untuk menjaga suasana ketentraman dan kenyamanan dari Desa Pemuteran.

Jika kita ingin menginap disana, apa bisa? Tentunya bisa dong. Karena di sana akan ada beberapa pondok dengan kisaran harga Rp.300.000,00 hingga Rp.500.000,00 untuk permalamnya. Tak hanya pondok,  disana juga ada restoran kecil dan toko merchandise. Oh iya, apabila kalian ingin diving ataupun snorkeling, di sana juga akan ada banyak sekali penyewaan alat diving dan snorkeling dengan harga yang terjangkau. Cukup merogoh  sekitar Rp.25.000,00, kalian semua dapat melakukan snorkeling selama waktu yang ditentukan. Good news! Sekarang pura bawah laut Pemuteran ini dianggap sebagai salah satu titik penyelaman terbaik loh. Tetapi sayangnya pantai di desa ini tidak dapat digunakan untuk melakukan kegiatan selancar seperti di Kuta atau di Padang-Padang Beach, karena deburan ombak di pantai utara tidak cukup keras untuk dapat melakukan surving.

Objek wisata ini pada awalnya sepi pengunjung karena sedikitnya orang yang mengetahui tentang pura bawah laut. Tetapi pada awal tahun 2017 kemarin taman pura ini di foto oleh Paul M Turley dan ia mengunggahnya di akun social media twiter . Tak disangka, nitizen menjadi semakin penasaran akan adanya pura bawah laut ini dan semakin banyak para turis domestik dan turis lokal yang ingin mengunjunginya. Bahkan situs perjalanan internasional Lonely Planet merekomendasikan tempat ini sebagai tujuan wisata wajib di Asia. Fantastik bukan, atas apa yang telah dilakukan oleh Turley ini.

Keindahan, kenyamanan serta ketenangan Desa Pemuteran ini dapat menjadi wajah baru bagi objek wisata di Bali. Karena keunikan yang diberikannya itu tiada duanya, entah dari segi lingkungan dan juga dari segi objek wisata. Contohnya seperti hamparan pasir vulkanik serta udara pegunungan yang segar yang akan selalu menemani kita pada saat berkunjung ke taman pura.

Shares
Share This