Tips Memilih Bus Pariwisata

Bus Pariwisata di Indonesia. Photo oleh: Rafiq L.

Bulan Februari merupakan bulan dimana banyak orang-orang berwisata, cuaca di bulan Februari sangatlah bagus karena pada bulan februari cuacanya tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu banyak hujan.

Tak sedikit orang bingung memilih bus untuk keperluan wisata. Pasalnya, banyak perusahaan bus maupun rental yang menawarkan fasilitas yang menarik dibarengi dengan harga yang teramat murah. Banyaknya pilihan perusahaan bus pariwisata dan rental membuat sebagian orang atau calon penyewa menjadi bingung dan akhirnya menyebabkan pilihan yang salah. Berikut beberapa tips dalam memilih Bus Pariwisata

Rating Perusahan Bus

Anda bisa memilih perusahaan bus pariwisata atau rental mobil yang memiliki reputasi baik. sebelum memikirkan harga sebaiknya kita mempertimbangkan perusahaan sewa menyewa bus yang memiliki reputasi baik disertai dengan pemberian pelayanan yang mumpuni.

Cermat Memilih Bus

Setelah kita memastikan bahwa perusahaan penyedia layanan jasa sewa bus yang hendak kita pilih sesuai, maka saatnya kita cermat dalam hal pemilihan bus. Anda berhak meminta atau bertanya pada agen mengenai jenis bus yang digunakan, model apa dan tahun berapa. Hal ini menyangkut masalah keamanan dan kenyamanan. Ada beberapa perusahaan yang menggunakan bus lama namun dibalut dengan chasing baru sehingga terlihat lebih bagus namun ternyata memiliki performa yang kurang baik. Jadi, aktiflah bertanya mengenai bus yang akan digunakan.

Jika lokasi anda dekat dengan kantor atau garasi perusahaan penyedia bus pariwisata atau rental mobil, sebaiknya anda berkunjung langsung untuk melihat sendiri kondisi bus yang akan disewa.

Asuransi

Demi keselamatan, dan ini menyangkut perusahaan, maka sebaiknya pilih jasa sewa bus pariwisata untuk perusahaan yang telah menyertakan asuransi sehingga bisa memberikan perlindungan yang lebih terhadap anda dan rombongan. Dengan begitu, anda akan merasa lebih tenang selama perjalanan.

Cek Kelengkapan Administrasi Bus

Untuk sekedar mengecek dan sebagai tindakan preventif, tidak ada salahnya jika anda menanyakan atau minta diperlihatkan surat-surat kelengkapan kendaraan seperti STNK dan lain-lain. Hal ini penting untuk menjamin keamanan selama perjalanan. Dari kelengkapan surat-surat anda juga bisa lebih yakin apakah kendaraan masih layak pakai dan memenuhi standar keamanan atau tidak.

Fasilitas

Perhatikan fasilitas yang disediakan. Bagaimana pun kenyamanan perjalanan wisata anda juga tergantung dari fasilitas yang disediakan. Terutama fasilitas penyejuk udara (AC), TV, musik, dan lainnya.

Pembayaran

Tanyakan secara detil harga penyewaan bus untuk pariwisata atau rental mobil yang akan anda pilih, dalam hal ini anda harus benar-benar cermat. Apakah harga sewa yang ditawarkan sudah termasuk biaya BBM, parkir atau tol. Jadi, anda bisa menghindari pengeluaran-pengeluaran tambahan yang bisa mengganggu perjalanan wisata anda.

 

Dikutip dari: PTPSI, okkarent
Dikutip oleh: Nurfadhilah, SMKN 1 Palasah
Shares
Share This