Ini Dia! Manfaat Menggunakan Angkutan Umum

Suasana di dalam sebuah Bus. Sumber: Pexels picture

Semua orang pasti membutuhkan jasa transportasi umum. Walau ada orang yang memiliki banyak kendaraan pribadi di rumahnya, namun di saat-saat tertentu pastinya sesekali menggunakan transportasi umum. Entah karena terpaksa di saat kendaraan mogok, karena sedang tidak ingin mengemudikan kendaraan sendiri atau hanya sekedar ingin mencoba naik transportasi umum.Transportasi umum memang menjadi salah satu solusi jitu untuk meminimalisir adanya kemacetan dan polusi udara yang berlebih di perkotaan. Namun anehnya, penggunaan transportasi pribadi tetap saja kian hari meningkat.

Dalam pengunaan transportasi umum, ada sisi positifnya mengunakan transportasi umum yaitu memiliki beberapa manfaat bagi penggunanya yang di antaranya:

        Hemat biaya

Tarif transportasi umum untuk perjalanan yang cukup jauh terutama bila menggunakan kereta berkisar antara Rp. 2.000 – RP. 10.000. Sedangkan untuk angkot hanya berkisar Rp.4000 untuk jarak jauh ataupun dekat.

       Sosialisasi

Setiap hari kita berbagi di kendaraan umum. Berbagi ruang dan kursi. Terutama kita wajib memberikan tempat duduk kepada yang lebih membutuhkan yaitu manula, ibu hamil atau yang membawa anak kecil dan penyandang disabilitas. Dalam hal lain malah ada ya, orang yang suka bagi-bagi cemilan di angkot atau bus. Ini bisa banget dijadikan contoh dan ajang belajar. Belajar berbagi, belajar sabar, belajar toleransi.

       Fleksible

Misalkan anda menggunakan angkot, anda dapat naik dan turun dimana saja. ketika anda hendak mengunjungi suatu tempat yang dilewati oleh angkot anda hanya tinggal turun sanaja dan anda tidak harus mencari lahan parkir untuk kendaraan pribadi anda.

       Sehat

Hal ini karena memungkinkan Anda untuk lebih banyak bergerak. Misalnya Anda pergi ke kantor atau sekolah dengan berjalan terlebih dahulu ke stasiun untuk menggunakan kereta api. Tentu kegiatan ini lebih menyehatkan dibanding bila kita menggunakan kendaraan pribadi.

       Membantu Program Pemerintah

Sebenarnya ada banyak program pemerintah yang berkaitan dengan angkutan umun namun ada 2 program pemerintah yang sangat-sangat menguntungkan bagi kita semua yaitu Mengurangi angka kecelakan di jalan raya dan Mengurangi polusi udara. Semakin sedikit jumlah kendaraan yang beroperasi di jalan raya, maka akan semakin kecil pula angka kecelakaan. Kalau angka kecelakaan sudah menyusut, otomatis kerugian yang dialami oleh sebuah kota juga akan semakin berkurang. Polusi juga dipastikan berkurang, Manusia bisa menghirup udara yang segar dimana udara tersebut tidak terkontaminasi polusi.

dipetik dari: CNN indonesia, youngesteight.com
dipetik oleh: Nurfadhilah, SMKN 1 Palasah
Shares
Share This