Potensi Pariwisata Cirebon

Cirebon Media – Cirebon merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Wilayah Cirebon pun sangat strategis, karena diapit oleh tiga kota besar yaitu Jakarta, Semarang dan Bandung. Letaknya yang berada di wilayah pantai menyebabkan Kota Cirebon memiliki wilayah dataran yang lebih luas dibandingkan dengan wilayah perbukitannya.

Sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat, Kota Cirebon banyak menawarkan pesona alam dan wisata yang tak kalah indahnya dengan kota atau negara lain. Banyak tempat wisata yang menarik perhatian banyak orang, baik dalam negeri maupun mancanegara. Dengan keindahan dan kebersihan wisata di Kota Cirebon itulah yang menyebabkan wisatawan berminat untuk mengunjunginya.

Salah satu contoh wisata di Kota Cirebon adalah Keraton Kesepuhan yang terletak di Jl. Kesepuhan No. 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, kota Cirebon Jawa Barat. Keraton Kesepuhan menjadi tempat wisata Kota Cirebon yang banyak dikunjungi karena sangat terawat dan menjadi salah satu tempat destinasi wisata favorit di Kota Cirebon. Selain kebersihannya, Keraton Kesepuhan pun banyak memberikan informasi tentang sejarah Kota Cirebon. Dengan begitu, kita yang mengunjunginya selain melihat tempatnya yang bagus juga bisa  mendapatkan ilmu sejarah Kota Cirebon.

Selain Keraton Kesepuhan, ada banyak lagi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya wisata Keraton Kanoman Cirebon, wisata Sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi, wisata Religi Masjid Agung Sang Cipta Rasa, wisata Situ Sedong, wisata Situ Patok dan masih banyak lagi yang lainnya. Wisata tempat itupun tak kalah indahnya dengan Keraton Kesepuhan yang menjadi tempat destinasi favorit di Kota Cirebon.

Potensi yang dimiliki oleh Kota Cirebon dalam hal Pariwisata sangatlah banyak jika dikemas secara maksimal. Pemerintah Kota Cirebon dianggap kurang maksimal dalam hal mempromosikan tempat-tempat wisata yang indah di Kota Cirebon. Padahal Kota Cirebon memiliki banyak tempat destinasi yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Jika mempromosikannya kurang bagaimana para wisatawan melirik tempat wisata di Kota Cirebon.

Saat ini, sebagian besar wisatawan masih kurang melirik Kabupaten Cirebon karena potensi wisata di sini kurang banyak ditemui di media sosial, terutama di media sosial milik Kementerian Pariwisata. Jika maksimal mempromosikannya bukan tidak mungkin wisata Kota Cirebon akan terkenal di mana-mana bahkan sampai mancanegara.

Penulis: Euis Helda

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Cirebon

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This