Cirebon Media – Kita umumnya kenal dengan kata paranoid. Kebanyakan orang menyebutnya parno. Paranoid adalah satu istilah dalam ilmu psikologi yang menandai jenis gangguan jiwa dan perkembangan khayalan. Orang yang mengalaminya punya gangguan delusi (pikiran tidak nyata) bahwa orang lain akan melakukan hal buruk padanya atau membicarakan keburukannya sendiri. Ada 2 jenis gangguan yang berkaitan dengan paranoid, yaitu skizofrenia dan gangguan kepribadian. Pengidap Paranoid Skizofrenia ditandai dengan khayalan-khayalan menyiksa yang berkembang secara sistematis dan terperinci, sedangkan gangguan kepribadian ditandai adanya hipersensitivitas, kecurigaan, dan kecenderungan untuk menyalahkan orang lain.

Pengidap Paranoid Skizofrenia ditandai dengan khayalan-khayalan menyiksa, sedangkan gangguan kepribadian ditandai adanya hipersensitivitas, kecurigaan, dan kecenderungan untuk menyalahkan orang lain.

Perlu kehati-hatian dalam menetapkan seseorang berada dalam kondisi paranoid atau bukan. Tidak cukup hanya dilihat dari cara lakunya, perlu kajian yang mendalam. Karena tidak semua orang senang dikatagorikan kedalam paranoid. Mereka menganggap itu adalah sakit jiwa. Dan mereka tetap akan berusaha menyembunyikannya meskipun akan tetap terlihat. Yang banyak terjadi saat ini adalah gangguan kepribadian. Tekanan situasi dan kondisi serta banyaknya sistem nilai yang masuk kedalam diri seseorang, dapat saja memicu orang tersebut untuk paranoid. Rasa curiga yang berlebihan dan cenderung selalu menyalahkan orang lain adalah salah satu yang umum terjadi saat ini. Mudah-mudahan kita selalu menyadari siapa diri kita sebenarnya, agar tidak terjebak didalam kondisi yang menggiring jiwa pada paranoid. Salam

Oleh : Arif Agustian

The Light Carrier