Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi

Sumber : Pixabay

Kecepatan internet di Indonesia menduduki peringkat 122 di dunia. jadi tak heran jika kecepatan internet lemot dan mengakibatkan aktivitas terganggu. Banyak cara yang bisa digunakan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi. Berikut ini beberapa cara meningkatkan sinyal Wi-Fi:

1. Aplikasi Penguat Sinyal

Salah satu hal yang membuat sinyal Wi-Fi hilang, karena penggunaan daya yang tidak optimal. Untuk memperbaiki masalah ini kamu bisa memakai aplikasi penguat sinyal di android seperti Wifi Signal Booster” atau “Network Speed Booster”.

2. Gunakan Teknologi Wi-Fi Terbaru

Saat ini ada empat jenis teknologi wireless yang tersedia, yaitu A, B, G, dan N. Teknologi A, B, dan G adalah teknologi lama yang mempunyai kecepatan lambat. Sedangkan N merupakan teknologi terbaru dan tercepat dalam hal kecepatan.

3. Cari Posisi yang Tepat

Sinyal Wi-Fi tidak dapat dilihat, tapi sinyal tersebut bisa terhalang jika ada banyak tembok di sekitar router-nya. Jadi, selalu cari posisi bebas dari halangan agar bisa berinternetan dengan nyaman.

4. Jauhi Dari Perangkat Elektronik Lain

Bukan cuma route lain yang bisa mengganggu kualitas sinyal, Tapi beberapa perangkat elektronik lain juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. selain itu kamu juga bisa menggunakan router dual band agar dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

5. Gunakan Channel yang Kosong

Jika di wilayah kamu ada banyak yang menggunakan router Wi-Fi, maka bisa jadi kamu berada di channel yang sama dengan  router sehingga sinyal yang didapat menurun. Maka dari itu pilihlah channel Wi-Fi yang kosong atau yang sedikit penggunanya agar tidak terjadi gangguan.

6. Perbaiki Sistem Keamanan

Jika sudah menggunakan paket internet cepat, tapi masih saja terasa lambat. Kemungkinan ada orang lain yang menggunakan koneksi Wi-Fi kamu tanpa sepengetahuanmu. Untuk mencegahnya, gunakan password yang rumit serta gunakan enkripsi WPA 2.

7. Kontrol Brandwidth

Jika bukan kamu saja yang menggunakan Wi-Fi, pasti kecepatan akan melambat. Kamu bisa mengatur penggunaan bandwidth agar orang lain tidak terjadi kebocoran bandwidth yang bisa mengakibatkan koneksi lemot.

8. Menggunakan Kaleng Bekas

Sinyal Wi-Fi menggunakan udara sebagai penghantarnya, agar sinyal tidak menyebar kemana-mana, kamu bisa menggunakan kaleng bekas untuk menentukan tujuan sinyal tersebut. Selain dengan kaleng kamu juga bisa menggunakan panci atau aluminium foil.

9. Gunakan DD-WRT Firmware

Cara memperkuat sinyal Wi-Fi lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi DD-WRT Firmware. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk meng-hack router agar kekuatan pemancar sinyal bisa lebih tinggi.

Meskipun cukup berbahaya untuk router namun kamu bisa menaikkannya hingga 70 mW. Dengan begitu, jangkauan dari sinyal router kamu akan bertambah hingga lebih dari dua kali lipas. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan opsi keamanan bagi router kamu.

10. Gunakan Wi-Fi Repeater

Repeater merupakan sebuah alat untuk menerima sinyal Wi-Fi kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Alat ini sangat cocok untuk kamu yang penerimaan sinyal Wi-Fi yang buruk.

11. Reboot atau Restart Secara Berkala

Tidak berbeda dengan smartphone atau PC. Router akan sering mengalami masalah saat dipakai dalam waktu yang lama. Untuk menghindarinya kamu bisa melakukan Reboot atau Restart Router secara rutin agar keadaan router menjadi segar dan siap digunakan.

 

Sumber : JalanTikus

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This