Cara Aman Membersihkan Smartphone

Sumber : Rejuvenate

Alat Elektronik seperti smartphone perlu dijaga dan dirawat kebersihannya agar fungsi dan tampilannya tetap terjaga. Tapi, sifat barang elektronik yang tidak tahan dengan air membuatnya susah untuk dibersihkan.

Berikut ini beberapa tips untuk membersihkan Smartphone yang aman:

1. Bersihkan Layar

Layar adalah bagian paling penting smartphone, terutama layar sentuh yang paling mudah kotor karena sering disentuh. Penting untuk membersihkannya secara efektif.

Salah satu cara yang disarankan adalah menggunakan kain microfiber. Kemudian, air biasa juga dibutuhkan karena lebih aman dan efektif dibanding cairan yang mengandung bahan kimia.

Caranya dengan mengelap layar satu arah dengan kain microfiber dan sedikit air. Jika sudah selesai, jangan lupa menggunakan bagian kering dari kain untuk menghilangkan sisa air dari layar. Jangan lupa untuk mematikan smartphone ketika membersihkannya dengan air.

2. Bersihkan Body Smartphone

Membersihkan bodi smartphone perlu dilakukan dengan hati-hati. Bisa menggunakan cotton bud yang sedikit dicelupkan ke alkohol cair.

Tujuannya untuk membersihkan ponsel dari debu dan kotoran kering yang melekat. Tidak disarankan untuk menggunakan pembersih rumah tangga atau disinfektan untuk membersihkan bodi smartphone sebab bisa menodai dan merusak smartphone.

Untuk membersihkan lubang speaker dan port headphone bisa menggunakan tusuk gigi atau paperclip. Kamu harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusaknya. Untuk membersihkan bagian casing, kamu bisa menggunakan campuran air dan cuka putih untuk membersihkan secara menyeluruh.

Pembersihan casing bahan logam juga bisa dilakukan dengan mengelap menggunakan air biasa agar tetap aman. Jika casing ponsel terbuat dari bahan kulit, kamu bisa membersihkannya dengan pembersih kulit.

3. Tips Pemeliharaan

selain cara pembersihan, ada juga beberapa tips perawatan sehari-hari yang bisa membuat smartphone tetap bersih.

Pertama, kamu perlu memperhatikan suhu minimum dan maksimum untuk ponsel. Pastikan kamu tidak membawa smartphone ke tempat dengan suhu ekstrim. Misalnya tidak sengaja memasukkan ponsel ke lemari es, menyimpan ponsel di dekat kompor, dan lainnya karena bisa memicu kerusakan permanen pada smartphone.

Begitu pula dengan case dan pelindung layar. Meski tujuannya jelas agar membuat ponsel tidak tergores, pastikan case dan pelindung layar yang dibeli sesuai dengan jenis ponsel. Saat pengisian daya ponsel, alangkah lebih baik jika kamu membuka case ponsel untuk mencegah suhu terlalu tinggi.

Terakhir, kamu harus berhati-hati saat memegang ponsel, jangan sampai terjatuh terbentur benda keras maupun jatuh ke dalam air mengingat tidak semua ponsel memiliki dukungan ketahanan terhadap air.

Jangan lupa mencuci tangan setelah menyiapkan makanan atau menanam tanaman di rumah. Kotoran sekecil apapun bisa berpotensi membuat perangkat mengalami kerusakan.

Sumber : Liputan6

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This