Programming Susah? Kunjungi 5 Web Ini Untuk Belajar Programming

Bagi kamu siswa SMK RPL atau mahasiswa Teknik Informatika atau Elektro , mendapatkan modul programming bukanlah hal yang sulit. Kalian akan mendapatkannya dari guru atau dosen kalian. Tapi bagaimana jika kalian ingin belajar programming secara otodidak?

Mungkin saja kamu akan meminjam buku di perpustakaan, atau beli buku programmingnya. Namun bagaimana jika kamu hanya memiliki uang yang minim? tentunya untuk membeli buku adalah hal yang perlu difikirkan dua kali.

Lalu bagaimana cara mudah belajar pemograman, namun tidak memerlukan biaya yang besar? Lalu situs web apa saja yang memiliki informasi beserta tutorial yang lengkap? Berikut ini adalah beberapa situs web untuk belajar pemograman.

      1. w3schools.com

Bagi kamu yang tertarik belajar pemograman, kamu dapat mengunjungi situs web ini. Pada situs web ini, menyediakan beberapa tutorial dan seluk beluk pemograman web. Mulai dari HTML, CSS, PHP, ASP, SQL, JSON, AJAX, Angular Js, JQuery, Javascript, dan masih banyak lagi.

Salah satu kelebihan situs ini adalah adanya fitur “examples”  dimana kamu dapat melihat hasil keluarannya. Misalkan kamu ingin mempelajari HTML, dalam menu examples kamu dapat mempelajari kode HTML seperti head, bodi dan lain-lain. Maka akan muncul kode dan hasilnya. Selain itu kamu dapat mengotak-atik kodenya, jadi, selain kamu mempelajarinya, ada nilai prakteknya juga, sehingga itu akan membuatmu lebih paham.

     2. codepolitan.com

Situs web kedua yaitu codepolitan.com. Hal yang membuat menarik dari situs ini adalah kerapihan dari web tersebut. Sehingga itu akan membuat para pengunjung mudah untuk mempelajarinya.

pada situs codepolitan.com ini disediakan berbagai macam pemograman yang bisa kamu pelajari. Sebagai contoh pemograman C, Phyton, Javascript, Java, PHP, serta HTML. Informasi yang disediakan juga sangat lengkap. Mulai dari tipe data, operator, pengkondisian dan pemilihan, basis data, dan semua yang berhubungan dengan pemograman tersebut. Selain itu, web ini menggunakan bahasa Indonesia, yang akan mempermudah bagi kamu yang kesulitan dalam bahasa Inggris.

     3. stackoverflow.com

Situs web ini lebih cenderung kesebuah forum yang dikhususkan untuk teknologi yang salah satunya adalah pemograman. Mungkin jika kamu seorang programmer, kamu tidak asing lagi dengan situs web yang satu ini. Forum ini menggunakan bahasa Inggris. Namun tidak ada salahnya jika mempelajari pemograman sambil belajar bahasa Inggris. Jika kamu ingin bertanya, jangan lupa untuk daftar atau login terlebih dahulu. Selain bertanya, kamu juga dapat menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh orang lain di forum tersebut.

Sumber: malasngoding.com

     4. malasngoding.com

Hampr sama dengan situs web w3schools yang dimana web ini mengkhususkan untuk belajar pemograman web. Namun situs web ini menggunakan bahasa Indonesia sehingga kamu kamu apat memahami dengan mudah saat mempelajarinya. Situs web ini juga memiliki fitur “demo” yang mempermudah pembacanya agar cepat mengerti. Namun sebelumnya, jangan lupa login terlebih dahulu.

5. github.com

situs ini menyediakan fitur untuk mendowload sample kode yang telah disediakan oleh para membernya. Dengan demikian, kamu dapat mempelajari kode pemogramn dari orang yang sudah berpengalaman. Selain mendownload, kamu juga dapat membagikan sample kodemu kepada member github. Sehingga para pemula bisa belajar dari kode yang kamu sediakan.

sebenarnya, masih banyak situs web yang menyediakan pembelajaran pemograman. Kelima situs diatas dalah situs yang paling sering dikunjungi. jadi, Selamat Belajar

Sumber: Shopback.co.id
Oleh: S. Jamilah SMKN 1 Palasah
Shares
Share This