Bangun Produk dengan Mendengerkan User, tapi User yang Mana?

Bams Putra Bams Putra
  • 3 tahun
  • 395
  • 0

Memahami pengguna wajib hukumnya bagi setiap lini bisnis. Ini bisa membantu kamu mengetahui kondisi pasar, kemudian membuat keputusan bisnis serta menjadi basis solusi setiap permasalahan produk kamu.

Memahami user tidak hanya sekadar mengetahui bagaimana userberinteraksi dengan produkmu. Namun juga kebutuhan serta motivasi dari perilaku dan tindakan yang mereka lakukan.

Contoh kongkrit yang dapat kita ambil yaitu dari Youtube misalnya. Youtube memprioritaskan para pengguna nya dan berupaya mengunggah perasaan user dengan rutin menampilkan video populer, karena pada dasar nya tujuan Youtube sendiri yaitu menjual ‘emosi’.

Pasti anda akan bertanya – tanya bagaimana cara nya Youtube meraih kesuksesan itu? Berawal dari keberhasilannya memahami pengguna nya. Bukan sembarang pengguna, melainkan pengguna dengan ekspektasi tinggi atau High Expectation Customer (HXC).

Apa itu HXC dan Mengapa Mereka Penting?

HXC atau Hight Expectation User sendiri bila diartikan adalah konsumen atau pengguna paling cerdas yang ada dalam target demografi produk kamu. Mereka adalah konsumen yang benar – benar menggunakan produk kamu berserta seluruh kegunaannya.

Julie Supan, Positioning & GTM Strategy, Airbnb menyebutkan bahwa HXC melihat semuanya dari segala sisi. Mereka memiliki berbagai ide produk atau layanan baru yang bisa membantu mereka menghemat uang, menjadi lebih sehat, dan lebih produktif.

Jika produk kamu bisa melebihi ekspektasi mereka, produk kamu pasti bisa untuk memenuhi ekpektasi konsumen lainnya. Posisi HXC ini menjadi penting karena mereka adalah konsumen terpercaya untuk mengetahui pasar dan menjadi pedoman jika dalam membuat keputusan yang baik.

Dengarkan Kata Mereka

Photo by: Ghost Presenter from Pexels

Sebagai konsumen ideal, kamu perlu mendengerkan apa tanggapan mereka mengenai produkmu, masalah yang mereka hadapi, serta kebutuhan dan keinginan mereka. Memahami HXC membantumu menajamkan fokus bisnis.

Layaknya sebuah hubungan personal, kamu dan seluruh tim juga harus menyukai dan bersedia membangun hubungan yang erat dengan konsumen berekspektasi tinggi ini. Brian Chesky, CEO Airbnb mengatakan, seluruh tim harus sepakat bahwa HXC tersebut layak untuk mereka layani serta bisa dijadikan aspirasi.

 

Sumber: TechinAsia

(Diedit Oleh Bams Putra)