Aplikasi Rahasia Google

YouTube, Gmail, Chrome, Maps, atau Drive merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Kelima aplikasi tersebut bisa dibilang selalu ada dan terinstal di setiap smartphone berbasis Android. Selain kelima aplikasi tersebut, rupanya Google juga menciptakan beberapa aplikasi keren lainnya yang sangat berguna bagi pengguna Android. Sayangnya, aplikasi-aplikasi tersebut tidak diperkenalkan secara publik dan ‘tersembunyi’ di Play Store.

1. Photoscan

Aplikasi Photoscan yang dapat memindai foto lama ke smartphone kamu. Sumber EverPresent

PhotoScan merupakan aplikasi terbaik untuk memindai dan menyimpan foto lama kamu. Aplikasi ini sangat sederhana, kamu hanya perlu memosisikan kamera di bingkai foto lama kamu, dan secara otomatis akan menangkap kemudian menyimpannya. Selain itu, PhotoScan juga dapat membuat foto lama kamu yang usang menjadi lebih jelas dan bersih. Setiap hasil foto yang ditangkap oleh PhotoScan juga akan otomatis tersimpan di Google Photos.

2. Google Trips

Begitu kamu menginstal aplikasi ini, rencana perjalanan kamu yang dulu dan mendatang akan secara otomatis muncul di halaman utama. Google Trips mampu mengenali email berisi rencana perjalanan dan reservasi hotel atau restoran dan kemudian menempatkannya ke dalam satu folder.

Selain itu, Trips juga dapat memberi saran mengenai hotel, tempat wisata hingga jadwal penerbangan terbaik. Informasi mengenai mata uang lokal dan rumah sakit terdekat juga tersedia di aplikasi ini.

3. Trusted Contacts

Trusted Contacts bisa dikatakan merupakan aplikasi yang bagus untuk keluarga, terutama bagi orang tua yang selalu khawatir ke mana anaknya pergi atau bermain. Aplikasi ini bisa memberitahukan lokasi smartphone seseorang kapan pun dan di mana pun.

Uniknya, aplikasi ini memerlukan persetujuan dari seseorang yang ingin dimintai lokasinya. Itu berarti, Trusted Contacts tidak bisa disalahgunakan untuk kepentingan berbau negatif atau aksi kriminal. Selain untuk Android, aplikasi ini juga tersedia untuk iOS.

4. Science Journal

Science Journal merupakan aplikasi yang mampu merekam pengamatan dan eksperimen yang kamu lakukan di seluruh dunia. Aplikasi ini sangat bagus untuk digunakan oleh anak-anak maupun remaja terutama yang menyukai sains.

Di Science Journal terdapat toolbar percobaan sains yang mencakup sensor yang ada pada smartphone kamu. Sehingga notifikasi secara otomatis akan muncul ketika sensor di smartphone kamu menangkap sesuatu.

5. Accessbility Center

Accessbility Center mungkin tidak berguna bagi orang-orang dengan penglihatan normal. Akan tetapi aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna smartphone yang memiliki masalah penglihatan.

Dengan tombol pemindaian yang ada di layar, orang-orang dengan masalah penglihatan bisa masuk ke dalam aplikasi yang diinginkan dan memberi evaluasi atau saran terhadap aplikasi tersebut. Nantinya pengembang bisa menggunakan masukan tersebut untuk memperbaiki aplikasi mereka bagi orang-orang dengan masalah yang sama.

6. Arts & Culture

Banyak orang yang tidak memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan keliling dunia, akan tetapi hal tersebut tidak membatasi seorang pencinta seni untuk melihat keajaiban seni yang ada di seluruh dunia. Google membawa seni-seni menakjubkan dari seluruh dunia kedalam satu aplikasi bernama Arts & Culture. Tak hanya seni seperti lukisan atau patung, aplikasi ini juga bisa memberi kamu informasi mengenai sejarah suatu negara atau latar belakang dari seniman-seniman terkenal dunia.

7. Toontastic 3D

Dengan Toontastic 3D, kamu bisa membuat cerita animasi menggunakan karakter dan skenario yang telah disediakan. Aplikasi ini juga dapat mendukung para pengguna yang ingin belajar membuat animasi untuk berkarya lebih jauh.

Toontastic 3D masuk ke dalam aplikasi alternatif terbaik dari Google. Jika kamu tipe orang yang menyukai animasi dan ingin karyamu dikenal luas, maka aplikasi ini wajib terinstal di smartphone kamu.

 

Itulah aplikasi rahasia Google yang pasti jarang ketahui. Aplikasi-aplikasi di atas memang hanya berguna bagi sebagian orang tertentu, tapi tidak ada salahnha kamu menginstalnya di smartphone kamu.

Sumber : JalanTikus

Diedit oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This