Aplikasi Z-Alert Untuk Meminimalisir Dampak Bencana

Setiap kali mendengar kabar tentang bencana dari media, baik elektronik, cetak maupun sosial, ada kepedihan mendalam yang tidak dapat digambarkan. Dalam era teknologi informasi yang semakin berkembang saat ini, kita disuguhkan banyak hal yang bisa membantu dalam memahami potensi bencana tersebut.

Z-Alert Aplikasi untuk meminimalisir dampak bencana alam dan lainnya. Sumber: Play store

Informasi yang cepat dan akurat tentang bencana menjadi kebutuhan terkini bagi masyarakat. PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis asuransi, berinisiatif untuk meluncurkan sebuah mobile application yang bertujuan untuk peringatan dini tentang bencana. Dengan peringatan dini tersebut, setiap pengguna bisa meminimalisasi dampak risiko bencana yang terjadi.

Apa itu Z-Alert ?

Z-Alert  sebagai sebuah kreasi digital ini tentu sangat membantu penggunanya untuk bisa meminimalisasi dampak bencana. Ini adalah bagian dari komitmen PT Zurich Insurance Indonesia untuk mendukung masyarakat Indonesia dalam program ketahanan banjir.

Z-Alert adalah aplikasi berbasis smartphone yang bisa diunduh secara gratis dari Google Play atau App Store. Ketika kita mengunduh Z-Alert, kita harus mengisi form registrasi dan lokasi yang ingin dipantau. Sejauh ini, area yang sudah bisa dimonitor adalah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Menurut Philippe Danielski, Presdir ZII, dengan menggunakan sistem peringatan dini berbasis mobile tersebut, dampak kerusakan bisa direduksi hingga 50%  untuk kendaraan bermotor dan 25% untuk properti.

Bagaimana Z-Alert Bekerja?

Z-Alert menerapkan sistem tanggap risiko bencana untuk memberikan informasi yang cepat secara waktu, tepat sesuai lokasi yang berbasis peta, dan akurat karena diperiksa dan dipastikan kebenarannya. Misalnya informasi banjir, kita bisa melihat lokasi bencana dan jaraknya terhadap lokasi kita bahkan kedalaman banjir di lokasi tersebut. Selain informasi banjir, Z- Alert juga menyediakan informasi/peringatan  tentang kecelakaan lalu lintas, pemadaman listrik maupun kebakaran, bahkan informasi tentang bengkel terdekat apabila kita mengalami kerusakan mobil di jalan.

Ketika informasi banjir kita terima di ponsel, kita bisa menghindari daerah yang sedang terjadi bencana tersebut, memberitahukan kepada keluarga dan rekan-rekan untuk tidak melewati lokasi tersebut melalui media sosial maupun aplikasi lainnya. Dan terutama bila berkaitan dengan lokasi tempat tinggal, kita bisa melakukan upaya penanggulangan misalnya memindahkan kendaraan maupun mengamankan anggota keluarga. Informasi tersebut tersedia selama 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu, dengan kata lain notifikasi tersebut akan stay alert.

Anda bisa melaporkan berbagai kejadian diantaranya banjir, kebakaran, aliran listrik mati, tabrakan, atau melihat lokasi bengkel terdekat. Laporan Anda memberikan pemberitahuan awal kepada pengguna yang ingin menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Dikutip dari: kompasiana
Dikutip oleh: Siti.J SMKN 1 Palasah
Shares
Share This