Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Rooting Android melalui recovery. Sumber: Android PIT

Bagi yang sudah mempunyai android pasti sudah akrab dengan istilah “Root” apalagi jika kalian gemar ngoprek HP Android. Apa yg dimaksud dengan root? root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi

Dan sekarang kita akan membahas Tentang Kelebihan dan Kekurangan Root

 

Kelebihan Root

     1. Buang Aplikasi yg Tidak berguna

HP Android umumnya memiliki berbagai aplikasi bawaan alias bloatware yang jarang banget kamu gunakan, atau bahkan nggak berguna sama sekali. Yang ngeselin, beberapa aplikasi bawaan ini nggak bisa dihapus dengan cara biasa, bahkan nggak bisa di-disable. Untuk menghapusnya, kamu butuh akses root Android.

  1. Baterai HP awet

Dengan akses root, kamu bisa melakukan beberapa hal yang bisa bikin kinerja bateraiHP Android kamu lebih hemat dan awet. Salah satunya adalah dengan melakukan kalibrasi baterai menggunakan aplikasi Battery Calibration. Cara kerjanya adalah menghapus file “batterystats.bin” yang terdapat dalam sistem.

  1. Kinerja Android yg meningkat

Kinerja HP Android kamu dapat dibuat lebih ringan dan ngebut dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan aplikasi Greenifyyang dapat membuat RAM kamu jadi jauh lebih lega dan kinerjanya jadi makin ringan.

  1. Memori Internal

Saat ini, HP Android terbaru biasanya dibekali memori internal dengan kapasitas besar. Tujuannya, supaya bisa menyimpan banyak data sistem, aplikasi, serta data pribadi. Tapi bagaimana jika HP Android kamu keluaran lama, atau yang harganya murah meriah? Dengan akses root, kamu bisa membuang berbagai aplikasi bawaan yang bikin memori internal kamu penuh sesak, serta dapat memindahkan data-data aplikasi ke kartu memori dengan aplikasi Link2SD. Jadi, memori internal kamu jadi jauh lebih lega dan kinerja Android kamu pun akan semakin ringan dan ngebut.

  1. Custom Rom

Kalau kamu bosan dengan tampilan HP Android kamu yang cuma gitu-gitu aja, atau pengen tampil beda dengan Custom ROM, berarti kamu harus root Android kamu. Dengan menggunakan Custom ROM, tampilan Android kamu akan lebih keren, serta banyak fitur unik yang nggak tersedia di Android biasa.

Kekurangan Root

 

  1. Garansi Hilang

Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root Android. Salah satu konsekuensi dari root Android yang dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun masa garansinya belum habis. Jadi, kalau terjadi error sistem atau bahkan kerusakan komponen, pihak produsen tidak bertanggung jawab.

  1. Kerusakan Sistem

jika terdapat kesalahan atau kegagalan saat melakukan rootAndroid, HP Android kamu bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem, atau bahkan mati total. Kegagalan root juga beresiko merusak komponen alias hardware HP Android kamu, loh! Yap, inilah salah satu resiko terbesar yang mengancam HP Android yang di-root.

Untuk mencegah resiko kegagalan yang terjadi, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya memastikan baterai HP Android kamu terisi cukup penuh, men-download bahan-bahan root dari sumber yang terpercaya, memastikan bahan-bahan tersebut sesuai dengan tipe HP Android kamu, serta menjalankan setiap langkah dalam prosesnya dengan benar.

Sumber: JalanTikus

Shares
Share This