Browser Firefox Quantum Dirilis, Diklaim Lebih “Enteng” dari Chrome

CirebonMedia.com – Mozilla Firefox atau lebih dikenal dengan nama Firefox ini sudah tidak asing lagi bagi telinga para peselancar internet. Salah satu browser yang menjadi rival Google Chrome ini meluncurkan produk baru yang bernama Firefox Quantum.

Firefox Quantum sendiri menjadi sebuah update besar – besaran yang dirilis oleh Mozilla sejak peluncuran pertama mereka di tahun 2014 lalu. Pengembangannya sendiri memakan waktu kurang lebih 6 tahun lamanya.

Firefox Quantum diklaim oleh Mozilla dapat bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan dari seri pendahulunya. Bahkan dalam situs resminya, Mozilla menyebutkan bahwa browser Firefox Quantum ini 30% lebih ringan jika dibandingkan dengan rivalnya, Google Chrome.

“Ini adalah pembaruan terbesar yang kami miliki sejak meluncurkan Firefox 1.0 pada 2004, jika Anda meng-install-nya sekarang, Anda akan segera merasakan perbedaannya,” tulis Mark Mayo, Wakil Presiden Senior Firefox yang dikutip Cirebon Media dari laman Mozilla, Minggu (19/11/2017).

Firefox Quantum juga dapat membuka 10 hingga 1000 tab tanpa mengalami crash atau browser menjadi lambat karena terlalu banyak membuka tab.

Selain meningkatkan performa dan kecepatan dalam menjelajah internet, Firefox juga menambahkan beberapa pembaruan lain, salah satunya pembaruan pada tampilan browsernya, yang dinamakan Photon.

Photon dalam Firefox Quantum memberikan kita tema, item menu dan desain tab yang baru, yang diharapkan bisa meningkatkan efisiensi serta keindahan dalam penggunaannya.

Kemudian perubahan selanjutnya ialah dapat mengirim tab yang dibuka di komputer atau laptop kedalam browser Firefox yang diinstall di smartphone ataupun sebaliknya. Fitur ini memudahkan para penggunanya ketika ingin menjalajahi sebuah website dan seketika memindahkan tab tersebut.

Perubahan lainnya adalah layanan simpan artikel dari Pocket. Layanan ini merupakan produk yang diakuisisi Mozilla dari Read it Later Inc. pada Februari 2017. Layanan ini yang memungkinkan pengguna menyimpan artikel dan konten lainnya ke daftar bacaan pribadi.

Untuk menjajal Firefox Quantum, anda bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini.

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This