Berkembangnya Teknologi Membawa Dampak Positif dan Negatif Untuk Manusia

Cirebon Media – Perkembangan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Apalagi saat ini, teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu jenis dari bentuk teknologi yang berkembang dengan sangat pesat. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok.

Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan dan dikembangkan untuk membantu kehidupan manusia. Teknologi memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.  Terlebih dengan adanya internet yang membantu dalam perkembangan tekonologi infromasi. Sekarang ini teknologi tidak bisa jauh dari genggaman manusia, bahkan teknologi tidak hanya digunakan untuk orang dewasa saja sekarang pun anak kecil yang masih awam bisa menggunakannya bahkan lebih pintar dari orang dewasa. Teknologi merupakan sarana atau wadah yang menyediakan apa yang di perlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia di era modern. Contoh teknologi yang telah berkembang pada era modern sekarang ini  adalah handphone menjadi teknologi yang wajib dimiliki oleh semua orang, dikarenakan alat tersebut menjadi alat bantu komunikasi yang cukup mudah digunakan oleh semua kalangan.

Berikut ini teknologi juga mempunyai dampak positif dan negatif yang ada dikehidupan manusia :

Dampak Positif Teknologi

  1. Mempercepat Arus Informasi

Hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat dan tidak tepat.

  1. Mempermudah Komunikasi

Dengan adanya teknologi saat ini dapat mempermudah komunikasi baik jarak dekat maupun jarak jauh. Bisa menggunakan handphone, media sosial dll.

  1. Mempermudah Mendapatkan Informasi

Teknologi juga sangat dibutuhkan dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan efektivitas siswa dan guru dalam mencari informasi dan untuk menyelesaikan tugas.

  1. Sebagai Media Hiburan

Teknologi juga bisa digunakan sebagai media hiburan. Ketika jenuh kita bisa mendownload video, lagu, film dll.

 

Dampak Negatif Teknologi

  1. Banyaknya Content Negative

Semakin canggihnya teknologi semakin maraknya content negative seperti bullying, video porno, berita hoax dll. Biasanya content tersebut sering dipasang di website.

  1. Menurunkan Prestasi Siswa

Banyak siswa yang keasyikan bermain gadget seperti bermain game online, sosial media yang berlebihan sehingga melupakan kewajibannya sebagai seorang pelajar.

  1. Malas Bersosialisasi

Dengan adanya teknologi seperti gadget yang banyak aplikasi media sosialnya, membuat orang malas bersosialisasi. Semua orang cenderung lebih menyukai ber-chat  daripada mengobrol secara langsung.

 

 

Penulis : Euis Komalasari

Pelajar : SMKN 1 Lemahabang

 

 

Sumber :

https://novi-ayu.blogspot.co.id/

https://tim1stmturen.blogspot.co.id/2016/08/tentang-perkembangan-teknologi.html

https://info-menarik.net/dampak-positif-dan-negatif-teknologi-bagi-manusia/