Luar Biasa, Kini Alat Musik Tradisional Ini Bisa Dimainkan di iPad

Cirebonmedia.com- Di era digital seperti sekarang ini, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan semakin berkembang dengan sangat pesat. Tentu kemjauan teknologi dan ilmu pengetahuan tersebut secara sadar atau tidak, mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan teknologi adalah aspek seni dan budaya. Lebih spesifiknya lagi, adalah musik.

Teknologi dan musik saat ini merupakan hal yang dapat dikaitkan satu sama lain. Karena pada saat ini, perkembangan teknologi dapat mempengaruhi perkembangan musik, dan salah satunya ialah dengan lahirnya e-Gamelan. Seperti yang kita ketahui, alat musik tradisional yang satu ini, yaitu gamelan merupakan salah satu ketrampilan budaya asli Jawa yang lahir jauh sebelum datangnya pengaruh budaya bangsa lain ke Indonesia. Karena keasliannya inilah maka gamelan menjadi hal yang sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Jawa. Hampir setiap orang di masyarakat Jawa bisa membedakan apakah suatu perangkat kesenian itu termasuk gamelan Jawa atau bukan. Secara filosofis gamelan Jawa merupakan satu bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Jawa. Hal demikaian disebabkan filsafat hidup masyarakat Jawa berkaitan dengan seni budayanya yang berupa gamelan Jawa serta berhubungan dekat dengan perkembangan religi yang dianutnya.

e-Gamelan karya UDINUS. @udinus
e-Gamelan karya UDINUS. @udinus

Kita mengenal jika gamelan dimainkan dengan cara dipukul, namun dengan kemajuan teknologi yang tak dapat terbendung lagi, kini manusia bisa menciptakan gamelan virtual yaitu e-Gamelan. E-Gamelan merupakan salah satu Hasil Keluaran Penelitian Hibah Strategi Nasional yang didanai oleh DIKTI tahun 2009 dan 2010 dengan nomor perjanjian 390/SP2H/PP/DP2M/VI/2009. Dikembangkan oleh Tim Peneliti LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang (UDINUS). Obyek gamelan dan rekaman suara diambil dari Gamelan Kyai Sri Kuncoro Mulyo Lokananta Surakarta.

Dengan aplikasi tersebut, alat musik tradisional itu kini bisa dimainkan dari tablet PC, khususnya iPad. Sungguh suatu terobosan yang sangat mengagumkan, ini merupakan salah satu cara melestarikan budaya Indonesia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Semoga dengan terciptanya e-Gamelan ini budaya Indonesia semakin dicintai oleh banyak orang dan akan abadi selamanya.

Sumber: Gamleanku

Shares
Share This