Upgrade, Snapchat Rilis Fitur “Augmented Reality”

Cirebonmedia.com- Snap Inc baru saja menyalurkan update untuk aplikasiephemeral messaging Snapchat besutannya. Snapchat versi 9.43 terbaru ini memboyong fitur anyar bernama World Lens.

Snapchat adalah aplikasi pesan foto yang dikembangkan Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat masih kuliah di Universitas Stanford. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan pengguna. Foto dan video kiriman pengguna disebut “Snaps”. Pengguna menetapkan batas waktu tersedianya Snaps mereka (per April 2014, batasnya antara 1 sampai 10 detik), lalu foto dan video tersebut disembunyikan dari perangkat penerima dan dihapus dari server Snapchat. Snapchat, sangat laris di kalangan anak muda jaman sekarang, karena dapat untuk mendokumentasikan juga sarana bereksopresi para pengguna, dan kini Snapchat mempunyai fitur baru “World Lenses”.

Fungsi World Lenses mirip dengan Lenses sebelumnya, yakni menggunakan teknologi augmented reality (AR) untuk memodifikasi gambar tangkapan kamera ponsel dengan berbagai efek visual.

Bedanya, World Lenses tak hanya mengenali wajah pengguna saja, namun juga mampu menambah aneka pernik visual di lingkungan sekitar yang muncul di layar ponsel lewat tangkapan kamera belakang.

Snapchat
Snapchat

Pengguna, misalnya, bisa menambah overlay awan yang “memuntahkan” pelangi di langit, seperti dalam gambar di samping. Tambahan fitur World Lenses sekaligus menandai pengembangan teknologi AR lebih lanjut oleh Snap.

Perusahaan yang bersiap melakukan pelepasan saham perdana ini kabarnya tengah mengembangkan teknologi pengenalan obyek agar bisa menyalurkan iklan lewat AR.

AR yang kadang disebut sebagai “Mixed Reality” juga digarap dengan serius oleh beberapa nama  besar di dunia teknologi seperti Apple dan Microsoft.

Selain World Lens, tambahan lain yang disematkan dalam Snapchat versi 9.43 termasuk fitur “press and hold” sebuah fitur snap  yang bisa digunakan untuk mengirim story pribadi maupun story pengguna lain ke ke teman.

Snapchat versi 9.43 sudah bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

Oleh: Shalom

Sumber: Berbagai sumber

Shares
Share This