Google Rilis Aplikasi Baru

Cirebonmedia.com- Setelah aplikasi video call Google Duo resmi diluncurkan beberapa bulan yang lalu, kini giliran aplikasi chatting Google Allo yang dirilis oleh Google. Aplikasi  tersebut sudah tersedia di toko aplikasi Play Store maupun App Store untuk sebagian pengguna.

Allo merupakan salah satu primadona pada ajang kumpul developer Google I/O yang diselenggarakan di San Francisco, AS, beberapa bulan lalu. Kala itu untuk pertama kalinya Google memperkenalkan duet Duo dan Allo, bersamaan dengan sistem operasi Andorid N yang kini jadi Nougat.

Duo dan Allo punya irisan yang sama, yakni sebagai medium komunikasi maya. Jika Duo berwujud layanan video-call serupa Skype, maka Allo lebih mirip Line dan WhatsApp.

Integrasi Google Assistant

Keunggulan Allo dibandingkan layanan serupa adalah integrasi dengan Google Assistant yang akan membantu pengguna dalam menggali informasi apa saja. Secara sederhana, Allo bisa difungsikan untuk mengobrol maya inter-personal (one-on-one chat), beramai-ramai (group chat), hingga mengobrol dengan Google Assitant.

Google Assistant mampu menjabarkan semua informasi yang berseliweran di internet. Misalnya saja ketika Anda menanyakan restoran terdekat, sejarah pembangunan suatu kota, informasi cuaca, hingga resep makanan.

Dengan begitu, hanya lewat satu aplikasi chatting, Anda bisa sekaligus mencari berbagai informasi dan membahasnya dengan teman-teman tanpa beranjak ke aplikasi lain.

Anda juga bisa meminta Google Assistant di Allo untuk memperlihatkan daftar e-mail masuk di tanggal tertentu, melihat agenda di kalendar, dan hal-hal lainnya yang terhimpun di akun Google Anda.

Bahkan, Anda bisa meminta Google Assistant di Allo untuk menampilkan foto tertentu dari Google Photos. Cukup gunakan bahasa sehari-hari seperti “show me my pictures of dog” (tunjukan foto-foto anjing saya), lalu sekejap Anda bisa mengakses konten yang Anda inginkan di Allo.Tak butuh waktu lama bagi Google untuk memboyong aplikasi chatting Allo ke Indonesia. Setelah diluncurkan di beberapa negara.

Anda cukup berkunjung ke toko aplikasi Play Store atau App Store untuk menginstal Allo di perangkat Android atau iOS. Selanjutnya, Anda bisa merasakan pengalaman chatting yang informatif dengan bantuan Google Assistant.

Anda akan diminta mendaftar dengan memasukkan nomor telepon. Setelah mendapat kode verifikasi via SMS, Anda bisa beranjak ke tahap berikutnya, yakni membidik selfie atau mencomot foto dari galeri sebagai foto profil.

Allo juga meminta izin untuk mengakses kontak, lokasi, dan data-data lainnya dari akun layanan Google yang Anda miliki.

Allo memiliki tampilan antarmuka yang mirip WhatsApp, seperti ikon foto profil bulat, akses kontak, hingga notifikasi tanda centang satu atau dua, untuk membedakan pesan telah terkirim atau dibaca.

Bedanya, pengguna bakal diberi tiga pilihan menggunakan Allo: chatting personal, chatting grup, dan chatting dengan Google Assistant.

Pada chatting personal maupun grup, Google Assistant membantu Anda menjawab pertanyaan dari lawan chatting. Hal ini didasarkan pada kebiasaan.

Misalnya, Anda menyapa “hallo” (halo), lantas teman menjawab “hallo” juga. Google Assistant bakal menyuguhkan opsi balasan di bar tulisan “how are you?” (apa kabar?). Jika ingin memakai kata-kata itu sebagai balasan, cukup tekan bar tersebut. Jika tidak, Anda bisa mengetik sendiri balasan yang diinginkan. Hal paling menarik adalah chatting langsung dengan Google Assistant. Asisten digital tersebut sangat interaktif dan informatif.

Google Assistant mampu menjabarkan semua informasi yang berseliweran di internet. Misalnya saja ketika Anda menanyakan restoran/cafe terdekat, sejarah pembangunan suatu kota, informasi cuaca, hingga resep makanan.

Anda juga bisa meminta Google Assistant di Allo untuk memperlihatkan daftar e-mail masuk di tanggal tertentu, melihat agenda di kalendar, dan hal-hal lainnya yang terhimpun di akun Google Anda.

Allo
Allo

Bahkan, Anda bisa meminta Google Assistant di Allo untuk menampilkan foto tertentu dari Google Photos. Cukup gunakan bahasa sehari-hari seperti “show me my pictures of dog” (tunjukan foto-foto anjing saya), lalu sekejap Anda bisa mengakses konten yang Anda inginkan di Allo.

Tak cuma informatif saat diminta, Google Assistant di Allo juga punya inisiatif yang besar. Anda bakal ditawarkan untuk subscribe ke berita harian, puisi, maupun informasi penting lainnya. Tak lupa, Allo pun menanyakan jam berapa waktu yang Anda inginkan untuk membaca konten yang di-subscribe.

Dengan kehadiran Google Assistant di Allo, Anda tak perlu bolak-balik menjajal banyak aplikasi. Dua inti penjajalan internet toh sudah tersedia di satu platform, yakni berkomunikasi dan mencari informasi.

Sumber: Kompastekno

Shares
Share This