Mengenal Android Marshmallow

Cirebonmedia.com- Operasi sistem Android semakin maju berkembang saat ini. Hal ini dibuktikan dengan pembaruan besar yang terus dilakukan Android yang ditandai dengan perubahan angka di digit pertama kode OS. Contohnya Android 4.4 KitKat ke Android 5.0 Lollipop. Dan kini, pembaruan itu berlanjut ke Android 6.0 yang mengusung nama Marshmallow.

Namun tidak seperti pembaruan dari versi KitKat ke Lollipop yang sangat terlihat dari segi tampilan, pada pembaruan versi Marshmallow ini tampilannya nyaris sama dengan versi Lollipop. Lantas apa sebenarnya yang diperbarui di versi Marshmallow ini?

Now on Tap
Pembaruan yang paling terlihat di versi Marshmallow ini adalah Now on Tap yang dapat dikatakan menyerupai Google Now. Caranya pun hampir serupa, pengguna cukup menahan tombol home, kemudian secara otomatis sistem akan memindai layar untuk menemukan informasi yang diinyinkan. Secara otomatis Google akan mencarikan semua informasi mengenai semua hal yang saat itu sedang berada di layar ponsel. Misalnya, di layar ponsel ada nama sebuah hotel, maka Now on Tap akan mencarikan semua informasi relevan mengenai hotel tersebut.

Tampilan Antar Muka
Sedangkan perbedaan yang terlihat dari tampilannya adalah di bagian apa drawer. Jika kita scroll antar halaman di versi Lollipop dilakukan secara horisontal
di Marshmallow scrolling tersebut terjadi secara vertikal, tanpa adanya pemisahan halaman. App drawer tersebut juga dilengkapi dengan daftar aplikasi yang paling sering digunakan, terletak pada baris paling atas aplikasi. Scroll bar yang ada di kanan pun akan menunjukkan daftar huruf ketika disentuh, yang akan mempermudah pencarian aplikasi.

Setting
Ada juga penambahan sebuah shortcut baru di menu quick setting, yaitu tombol Do Not Disturb. Fitur yang sama juga bisa diakses dengan menekan tombol volume down 1x pada mode vibrate. Sementara di menu Setting, ada beberapa menu yang dihilangkan juga ditambahkan. Contohnya penggunaan RAM, yang sebelumnya ditampilkan secara real time, kini diubah menjadi penggunaan RAM dalam 3, 6 12 atau 12 jam terakhir. Begitu juga dengan tampilan informasi baterai, yang kini menampilkan informasi jumlah miliampere-hour (mAh) yang digunakan di untuk tiap bagian, contohnya layar, sistem Android dan lainnya.

Marshmallow sistem terbaru dari Android
Marshmallow sistem terbaru dari Android

Baterai
Doze, fitur yang kurang lebih fungsinya adalah menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background jika tak diperlukan. Gunanya tentulah untuk menghemat penggunaan baterai. Saat masih menggunakan Lollipop, penggunaan baterai hanya bisa mencapai screen time selama 4,5 jam, di Marshmallow angka tersebut melonjak menjadi 5,5 jam, keduanya dicapai ketika baterai tersisa sebanyak 7%. Sementara ketika ponsel tak digunakan di malam hari, baterainya hanya menyusut sebanyak kurang lebih 3%. Singkat kata, Doze bisa mengirit penggunaan baterai.

Kesimpulannya, masih ada satu fitur anyar di Android Marshmallow, yaitu Android Pay. Namun fitur ini tak tersedia di Indonesia. Android Marshmallow ini sebagai pembaruan besar yang minimalis. Besar dari segi fitur namun minimalis dari segi perubahan tampilan. Jika dibandingkan dengan Android Lollipop, tampilan Android Marshmallow bisa dibilang tak mempunyai banyak perbedaan. Namun dari segi fitur dan performa, dengan segala peningkatan yang ada, Android Marshmallow ini layak ditunggu dan digunakan.

Sumber: detiknet

Shares
Share This