Kenapa Backgorund Visual Effect Film Harus Hijau

Cirebonmedia.com – Visual effect adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan sebuah film. Teknologi ini sangat membantu para pembuatan film untuk mempermudah membuat efek CGI (Computer-Generated Imagery) atau penggunaan grafik komputer 3D dalam efek yang spesial. Teknologi ini sangat membantu proses pembuatan film dalam membentuk satu setting pada lokasi tertentu. Kini para kru film tidak perlu lagi membuat studio lokasi sendiri apalagi harus berpindah lokasi syuting demi mengambil adegan yang hanya hitungan detik atau menit.

Selain biaya pembuatan film menjadi relatif lebih murah, dengan menggunakan visual effect ini, para pemain film juga dapat merasakan tantangan ekstra setiap kali melakukan adegan syuting. Satu hal yang pasti dalam proses ini adalah selalu menggunakan background berwarna hijau atau biasa disebut Green Screen. Lalu apa sebenarnya fungsi Green Screen? Berikut ulasannya.

Sebuah Film yang menggunakan teknologi Visual effect
Sebuah Film yang menggunakan teknologi Visual effect

Kegunaan dari green screen / layar hijau sendiri tak lain untuk memanipulasi background dari objek utama. Dengan menggunakan teknologi green screen ini, objek utama dapat ditempatkan dimanapun hanya dengan memanipulasibackgroundnya. Teknisnya adalah dengan menghilangkan latar belakang hijau dan menggantinya dengan gambar / video melalui software komputer. Tujuan utama dari penggunaan green screen ini adalah untuk menonjolkan objek utama sekaligus melakukan blocking terhadap latar belakang. Hal ini tentu guna mempermudah proses editing yang mana penghilangan latar akan dirubah menggunakan gambar lain yang disesuaikan dengan cerita film tersebut.. Teknologi visual effect menggunakangreen screen ini tentunya mampu memaksimalkan penggambaran visual dalam film sehingga dapat terlihat lebih nyata dan natural.

Namun tentunya hal ini bukan perkara yang mudah bagi para pemain film. Para pemainpun dituntut untuk dapat berakting di tengah studio yang hanya diisi berbagai layar hijau dan properti. Mereka harus mampu membayangkan sendiri seperti apasetting yang diinginkan sutradara di dalam film.

Sosok mendiang Petro Vlahos adalah sang pelopor sistem green screen dalam industri perfilman. Tanpa adanya jasa beliau mungkin akan sulit melihat gaya villain Marvel “Si Agen Hydra” yang sangat keren.