Akuisisi Perusahaan Dengan Nilai Fantastis

Cirebonmedia.com – Akuisisi perusahaan adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris acquisition yang berarti pengambilalihan. Kata ini sering digunakan dalam konteks bisnis.

Berbagai macam akuisisi telah terjadi di perusahaan – perusahaan besar, berikut 5 perusahaan teknologi yang membeli perusahaan lain dengan nilai sangat luar biasa.

Nokia Akuisisi Alcatel-Lucent

Nokia secara resmi mengakuisisi perusahaan layanan jaringan telekomunikasi Alcatel-Lucent dengan nilai 16,6 miliar dollar AS atau setara Rp 215 triliun. Santer pula isu bahwa kerjasama tersebut guna membangun kekuatan jaringan 5G. Saat ini, belum ada perusahaan yang merilis jaringan 5G. Beberapa waktu terakhir, Alcatel-Lucent kerap dikabarkan sedang membangun jaringan 5G. Disinyalir, akuisisi Nokia adalah motif tersembunyi untuk mengantungi paten 5G Alcatel-Lucant.

Dell akuisisi EMC

Pertengahan Oktober 2015, Dell mengumumkan telah mengakuisisi perusahaan penyimpanan data EMC Corp dengan nilai mencapai 67 miliar dollar AS atau sekitar Rp 905 triliun. Ini masih menjadi akuisisi dengan nilai terbesar sepanjang sejarah industri teknologi. Dell melakukan akuisisi tersebut dengan tujuan membantunya membuat diversifikasi layanan dan memperbesar skala bisnis cloud. Langkah Dell untuk memperbesar bisnis di luar PC sebenarnya meniru para pesaing besarnya. Hewlett-Packard Co (HP), yang merupakan pembuat PC nomor dua dunia, telah memisahkan bisnis komputer dan printer demi fokus pada bisnis data perusahaan.

Facebook Akuisisi WhatsApp

Meski sudah memiliki messenger sendiri, Facebook masih membeli perusahaan pesan teks lain. Perusahaan yang dipilih untuk dibeli adalah WhatsApp dengan nilai mencapai 19 miliar dollar AS atau sekitar Rp 223 triliun. Pembayaran tersebut tidak sepenuhnya berupa uang tunai. Pada awalnya, Facebook menggelontorkan dana sebesar 16 miliar dollar AS, yang terdiri dari 12 miliar dollar AS saham Facebook dan 4 miliar dollar AS dalam bentuk uang tunai.

Akuisi perusahaan hingga menyentuh nilai yang fantastis
Akuisi perusahaan hingga menyentuh nilai yang fantastis

Western Digital Akuisisi Sandisk

Perusahaan media penyimpanan terbukti punya nilai yang tinggi. Setelah Dell mengakuisisi EMC, Western Digital membeli perusahaan sejenis, Sandisk, dengan uang yang digelontorkan mencapai 19 miliar dollar AS atau sekitar Rp 223 triliun, jumlah yang sama saat Facebook membeli WhatsApp. Western Digital lebih kuat berkiprah di pasar enterprise. Perusahaan berbasis Amerika Serikat tersebut merupakan produsen disk drive terbesar yang bersaing dengan Seagate Technology. Akuisisi WD terhadap SanDisk dinilai bakal memperkokoh posisi keduanya di industri penyimpanan digital.

Microsoft Akuisisi LinkedIn

Microsoft resmi mengakuisisi LinkedIn dengan nilai 26,2 miliar dollar AS atau setara Rp 349,3 triliun. Hal ini diumumkan CEO Microsoft, Satya Nadella melalui surat digital ke seluruh karyawannya. CEO LinkedIn, Jeff Weiner pun turut mengirimkan surat yang isinya kurang lebih serupa ke jajaran pegawainya. Nadella menambahkan bahwa dirinya sudah memelajari bisnis LinkedIn dari jauh hari. Ia yakin layanan tersebut bisa meningkatkan kemampuan layanan-layanan berbasis cloud Microsoft, misalnya Office 365.