Cara Menghasilkan Uang Dari Hobi Menulis

sumber: Pexels

Kita belajar menulis pada saat ada di bangku sekolah dasar, tetapi nyatanya tidak banyak orang yang mau meneruskan untuk terus belajar menulis, padahal menulis bisa menjadi bahan untuk dijadikan sebagai pekerjaan utama karena dengan menulis kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar.  dan bagi anda yang telah hobi dalam menulis, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk menghasilkan uang dari hobi menulis anda

1. Menulis di Media Massa

Cara paling sering dilakukan untuk membuat tulisan anda mendatangkan uang untuk Anda. Anda bisa menembak rubrik opini terkini. Atau jika Anda penulis fiksi, Anda bisa mencoba mengirimkan cerita-cerita Anda ke majalah-majalah yang ada.

2. Self Publishing

Maksud self publishing adalah menerbitkan buku secara mandiri. Jadi, kita mempunyai naskah, kita buat cover, layout, dan jilid sendiri, kemudian dijual. Arry Rahmawan mengisahkan pengalamannya, untuk membuat satu eksemplar buku (buku 5 kunci siswa hebat) membutuhkan biaya Rp12.000 yang kemudian dijual sebesar Rp40.000 dan setiap buku yang terjual mendapat keuntungan Rp28.000. dan ini sangat sangat menguntungkan.

3. Membuat Tulisan Review

Biasanya bisa berupa ulasan suatu produk atau juga resensi sebuah buku. Cocok bagi anda yang gemar membaca dan juga ingin menghasilkan uang lewat tulisan. Setelah anda selesai membaca buku baru, cobalah untuk meresensi sebuah buku dan mengirimnya ke media cetak. Biasanya, kamu akan mendapatkan ‘bonus’ buku tambahan dari penerbit dan juga uang saku tambahan sebagai ucapan terima kasih.

4. Membuat blog keren,

Trik ini biasanya digunakan oleh penulis yang memang rutin untuk terus-menerus menulis. Arry Rahmawan misalnya, hampir tidak percaya kalau beliau berawal dari blog, kemudian diajak oleh sebuah penerbit besar untuk menulis buku dengan topik studentpreneur (tips-tips berbisnis sekaligus kuliah). Blog arryrahmawan.net miliknya juga pernah memenangkan beberapa award blog yang juga mendapatkan penghasilan. Meneruskan poin ketiga, anda juga bisa menjadikan blog anda sebagai media ulasan produk atau buku terpercaya sehingga orang akan sangat terbantu untuk memilih produk yang sesuai dengan mereka.

5. Membuat Ebook Berkualitas

Trik ini juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan pasif yang luar biasa. Caranya seperti ini, buat sebuah blog yang memberikan banyak manfaat untuk orang dalam memecahkan masalah. Tetapi batasi bahwa blog itu hanya memberikan tips-tips secara umum dan tidak menyangkut aspek teknis. Nah, cara-cara praktis dan detil untuk menuntaskan masalah itulah yang kemudian dijual terpisah di blog kamu dalam bentuk ebook. Harga ebook berkualitas itu bisa sangat mahal sekali tergantung dari isi dan cara memasarkannya. Rata-rata harga ebook yang berbayar berkisar Rp70.000 – Rp300.000.

 

Dikutip dari: arryrahmawan.net
Dikutip oleh: Nurfadhilah, SMKN 1 Palasah
Shares
Share This