SERANGAN JANTUNG

CirebonMedia.com – Serangan Jantung (heart attack) atau juga disebut gagal jantung termasuk kedalam salah satu kategori sakit yang menyeramkan. Sangat sering kita mendengar kematian yang diakibatkan oleh serangan jantung. Ya, mengerikan sekali sakit ini. Bagaimana tidak, serangannya datang secara tiba-tiba, tanpa gejala, bisa menimpa siapa saja, dan umumnya terjadi pada waktu dimana kewaspadaan kita sedang dalam kondisi tidak utuh, misalkan saat terlelap tidur.

Orang yang terkena serangan jantung sehingga berakibat fatal umumnya adalah mereka yang tanpa persiapan, sehingga gagal mengantisipasi dan melakukan tindakan penanganan pertama yang tepat. Nah, salah satu bentuk persiapan itu diantaranya adalah memiliki pengetahuan yang cukup tentang apa dan bagaimana kondisi tersebut terjadi. Karena itu mari kita kenali lebih lanjut tentang apa yang dinamankan serangan jantung.

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke otot jantung terhambat akibat adanya plak atau penyumbatan di pembuluh darah jantung. Kondisi ini berdampak pada terganggunya fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Biasanya seseorang yang mengalami serangan jantung akan menunjukkan beberapa gejala, seperti:

  1. Nyeri di bagian dada, tulang rusuk bagian bawah, dan lengan yang menjalar hingga ke leher, rahang, bahu, sampai punggung
  2. Pusing, mual, dan muntah
  3. Nyeri di perut bagian atas atau ulu hati
  4. Lemas
  5. Keringat berlebih
  6. Sesak napas
  7. Detak jantung lebih cepat atau berdebar
  8. Perut kembung

(baca artikel kesehatan lain: http://www.cirebonmedia.com/health/)

Kondisi diatas dapat berlangsung selama 30 menit atau lebih dan tidak hilang meski sudah minum obat pereda nyeri biasa. Gejala yang muncul pun bisa bersifat ringan hingga berat. Dalam beberapa kasus, serangan jantung terkadang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Kondisi ini disebut dengan silent myocardial infaction. Yang ini lebih mengerikan guys!

 

APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA KITA MENGALAMI SERANGAN JANTUNG?

Setelah mengetahui seperti apa dan gejalanya, penting juga untuk tahu langkah penanganan pertama bila kita terkena kondisi ini. Yang perlu diingat pertama adalah serangan jantung umumnya muncul saat kita dalam kondisi tidak terjaga, sedang rileks-rileksnya, atau ditengah tidur pulas. Tiba-tiba kita setengah terbangun dan merasakan sakit yang luar biasa.

Langkah pertamanya adalah JANGAN PANIK! Ya, panik tentu akan memperburuk situasi. Sambil mengatur nafas, tenangkan pikiran anda. Sadari bahwa anda dalam kondisi sakit, pulihkan kesadaran anda hingga penuh.

Kedua; bila posisi anda sedang terbaring di tempat tidur, rubahlah posisi tubuh anda, miringkan ke kanan. Kalau belum cukup, cobalah untuk duduk. Terkadang posisi sujud bisa cukup membantu di beberapa kasus.

Minum air putih. Selalu sedia air putih di dekat tempat tidur anda. Langkah ini tidak secara langsung mengatasi, tetapi setidaknya dapat membantu anda untuk lebih tenang.

Selanjutnya, berusaha untuk meminta pertolongan tercepat dari orang terdekat.

Penting juga usahakan sedia obat pengencer darah Aspirin atau sejenisnya di tempat-tempat yang dekat dengan keseharian aktifitas anda. Misalkan di dompet, di samping tempat tidur, di laci meja kerja, di dashboard mobil, dan tempat-tempat lain yang sekiranya mudah dijangkau. Penanganan pertama bila anda terkena serangan jantung, anda dapat meminum obat tersebut.

Terakhir, konsultasi pada dokter dan ahlinya. Periksa kondisi tubuh anda untuk penanganan lebih lanjut.

 

Sehat selalu dan semoga bermanfaat 😊

 

Referensi: alodokter.com

Shares
Share This