APA ITU MASKNE ? BAGAIMANA CARA PENCEGAHANNYA?

Rifqi Alidzanur
  • 1 bulan
  • 49
  • 0
Sumber : www.specialarabia.com

Sepertinya memakai masker saat ini sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang yang hendak beraktivitas atau hanya sekedar keluar rumah. Tapi, tahukah kamu bahaya apasaja dibalik penggunaan masker yang terlalu lama?

Salah satu akibat dari penggunaan masker yang terlalu lama ialah kulit wajah mudah berjerawat atau lebih sering kita sebut maskne. Maskne atau mask acne  adalah salah satu ititasi kulit yang disebabkan karena penggunaan masker yang terlalu lama. Maskne juga bisa desebabkan karena kesalahan saat mencuci masker. Mencuci masker yang kurang bersih dapat mengakibatkan kuman dan  bakteri berkembangbiak sehingga menimbulkan iritasi pada kulit dan menjadi penyebab kulit bejerawat.

Biasanya jerawat yang ditimbulkan karena penggunaan masker lebih sering berada di daerah sekitar hidung, pipi, dan dagu, hal itu dikarenakan daerah tersebut tertutupi oleh masker.

Sumber : zerrin.com

Untuk mencegah agar wajah kamu tidak mudah berjerawat, berikut adalah tips agar kulit wajah kamu tetap aman meskipun menggunakan masker dalam jangka waktu lama:

  1. Sering mengganti masker

Jika kamu menggunakan masker medis atau masker sekali pakai, sebaiknya kamu rajin mengganti masker minimal 4 jam sekali, hal tersebut bertujuan agar masker yang kamu pakai tetap bersih dan tidak terkontaminasi dengan bakteri sehingga kulit wajah kamu tetap aman dari bahaya iritasi akibat masker yang terkontaminasi.

 

  1. Mencuci masker dengan benar

Jika kamu menggunakan masker kain. Kamu juga harus memperhatikan cara mencuci masker yang benar. Rendam masker dengan air panas dan deterjen secukupnya, bilas dengan air mengalir dan jemur dibawah terik matahari. Setelah kering jangan lupa setrika masker dengan suhu yang cukup panas agar bakteri dan kuman mati sehingga masker tetap bersih dan terhindar dari sarang bakteri yang bisa menimbulkan iritasi ada kulit wajah.

 

  1. Membersihkan muka setelah menggunakan masker

Bersihkan wajah dengan sabun muka yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu setelah kamu menggunakan masker agar wajah kamu tetap bersih.

 

  1. Memakai Pelembab dan Tabir Surya

Gunakan pelembab dan tabir surya ketika kamu hendak beraktivitas dan menggunakan masker. Oleskan tabir surya sedikitnya 15 menit sebelum kamu beraktivitas diluar ruangan dan gunakan pelembab yang cocok dengan pH kulit wajah.

 

  1. Hindari penggunaan Make-up yang terlalu tebal

Sebaiknya gunakan makeup yang tidak terlalu tebal. Penggunaan Make-Up yang terlau tebal dapat menyumbat pori – pori wajah kamu dan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jangan lupa setelah menggunakan Make-up kamu harus membersihkan wajah kamu sampai bersih agar tidak ada lagi sisa Make-up yang kamu pakai.

 

Itu dia beberapa tips supaya wajah kamu tetap bersih dan terhindar dari iritasi wajah akibat penggunaan masker yang terlalu lama.

Tetap gunakan masker dan selalu perhatikan kebersihan masker yang kamu pakai yaaa

 

Sumber : specialarabia.com, www.alodokter.com

Shares
Share This