Mau Kreatif, Perbanyaklah Minum Teh

Cara meningkatkan kreatif dengan teh. Saat santai, teh menjadi salah satu pilihan minuman yang enak dipadu padankan dengan camilan. Teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi orang di dunia. Selain membuat rileks tubuh, teh ternyata mempunyai manfaat lain bagi tubuh.

Sebuah penelitian berhasil menemukan fakta bahwa orang yang meminum teh adalah mereka yang lebih kreatif. Ya, faktanya banyak orang memang lebih suka minum teh daripada air putih bukan?

Di dalam teh terkandung kafein dan theanine yang dapat meningkatkan kecepatan, akurasi, dan fokus mental. Namun menurut para ahli zat ini tidak langsung memberikan pengaruh pada tubuh. Butuh waktu 30 sampai 60 menit agar efek teh benar-benar bekerja. Para ahli menyatakan jika teh justru menciptakan suasana hati yang baik. Sehingga bisa meningkatkan fungsi kognitif otak.

Para peneliti dari Universitas Peking, China mengatakan bahwa teh memang memiliki efek mental positif. Teh dipercaya dapat meningkatkan suasana hati dan membantu seseorang untuk lebih santai, seperti layaknya sedang melakukan meditasi.

Beberapa orang terkenal seperti Mick Jagger, Albert Einstein, dan C. Lewis terkenal sangat suka minum teh. Sebuah studi yang dilakukan di Yan Huang melakukan eksperimen selama 20 menit kepada 90 siswanya. Setengah dari jumlah siswa di setiap tes minum satu cangkir teh, tiga menit sebelum tes dimulai. Setelah lainnya minum air putih.

Pada tes pertama, mereka diminta membuat konstruksi menarik dari blok bangunan. Dan tes kedua mereka harus menemukan nama yang baik untuk restoran mi baru.

Siswa yang minum teh mencetak skor rata-rata 6,54 poin dalam tes blok bangunan dan 4,1 dalam ujian nama. Sedangkan siswa yang minum air mencetak skor masing-masing 6,03dan 3,78 poin.

Hal ini membuktikan jika teh bisa meningkatkan kreativitas. Dua bahan biologi, kafein, dan theanine memiliki efek menguntungkan yang perlu diperhatikan, ini sangat berkaitan dengan fungsi kognitif.

Penelitian ini menunjukkan bahwa minum teh dapat meningkatkan kinerja kreatif dan pemikiran yang berbeda. Selain itu orang-orang yang lebih suka minum teh memiliki dampak yang lebih positif terhadap kesehatan mental mereka sendiri.

Teh juga diakui para ahli sebagai bahan penambah mood atau memperbaiki suasana hati. Tapi hal ini hanya bekerja baik dalam jangka waktu yang pendek.

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This