Makanan yang Bisa Hancurkan Nikotin Dalam Tubuh

Nikotina merupakan racun saraf yang potensial dan digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah, zat ini dapat menimbulkan kecanduan, khususnya pada rokok
Stimulan dari nikotin yang ditimbulkan dapat memblokir saraf dan otot sel dari fungsinya ketika stimulan yang begitu kuat ini masuk menjadi bagian tubuh kamu, maka seketika itu pula akan meningkatkan detak jantung, tekanan darah bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit stroke yang disertai penyakit-penyakit berat lainnya seperti kanker mulut dan paru-paru.

Ada beberapa makan yang bisa mengeluarkan nikotin dari tubuh, contohnya adalah sebagai berikut:

1. Brokoli

Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Brokoli dapat mengisi ulang vitamin C dalam tubuh dan membuat metabolisme bekerja secara maksimal dan pada akhirnya bisa menjaga paru-paru terlindungi dari racun.

2. Jeruk

Jeruk adalah tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae. Buah ini sangat banyak disukai karena rasanya yang manis-asam. Sama seperti brokoli, mengonsumsi jeruk juga mampu mengisi ulang vitamin C dalam tubuh. Ketika seseorang makan buah jeruk, maka nikotin yang ada dalam tubuh akan terbuang secara otomatis melalui sistem pencernaan dalam waktu 24 jam.

3. Bayam

Bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. Selain Zat Besi baya, juga memiliki kandungan vitamin terbaik, yaitu asam folat atau vitamin B9 yang efektif menghancurkan nikotin dari tubuh dalam waktu singkat.

4. Jahe

Jahe, adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe biasa dipakai sebagai bahan obat tradisional indonesia yaitu jamu karena jahe memiliki banyak khasiat. Jahe mentah adalah makanan terbaik untuk membantu pengeluaran nikotin dari tubuh dalam 24 jam. Mengunyah sepotong jahe juga dapat membantu kamu untuk mengatasi kecanduan nikotin.

5. Wortel

Wortel, makanan yang satu ini dikenal kaya akan vitamin. Wortel menyimpan karbohidrat dan vitamin A dalam jumlah besar. Mengonsumsi wortel secara rutin akan memperkuat pertahanan alami tubuh kita. Maka, tambahkan makanan oranye ini sebagai penunjang diet yang akan membantu pengeluaran nikotin dari dalam tubuh kamu.

6. Delima

Delima adalah jenis buah penghasil sel darah merah dalam tubuh yang akan membantu memerangi masalah kesehatan yang disebabkan rokok, seperti detak jantung tidak teratur dan masalah tekanan darah. Ketika seorang perokok mengonsumsi buah merah ini, otomatis nikotin akan keluar dalam waktu 24 jam.

 

Dikutip dari: The Smarter Way
Dikutip oleh: Nurfadhilah, SMKN 1 Palasah
Shares
Share This