Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Bunga Krisan (Chrysanthemum) atau biasa dikenal dengan sebutan bunga Seruni. Sumber: blogspot.com

Bagi sebagian orang, tidak asing dengan bunga yang satu ini, yaitu bunga Krisan (chrysanthemum) atau biasa dikenal dengan sebutan bunga Seruni. bunga Krisan atau bunga Seruni ini sudah mulai muncul di zaman kapur dan merupakan salah satu jenis tumbuhan berbunga yang sering sekali ditanam sebagai tanaman hias.  Bunga ini menjadi bunga nasional Negara Jepang karena keindahan serta filosofi yang baik pada bunga Krisan ini. Aroma wangi yang khas pada bunga ini berbeda dengan bunga yang lainnya. Bunga ini sering sekali dijadikan minuman teh. selain wanginya, bunga ini juga memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan yang terdapat pada bunga krisan yaitu Vitamin A, B, dan C. Terutama bunga krisan memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Dengan adanya kandungan yang terdpat pada bunga krisan, adapun manfaat mengkonsumsi bunga krisan jika rutin meminum teh bunga krisan yaitu:

      1. Melindungi Kesehatan Jantung

Zat besi dalam bunga ini akan membantu untuk mencegah penyumbatan pada arteri jantung. Selain itu kandungan pada bunga ini juga dapat mencegah dari resiko penderita jantung.

      2. Menjaga Fungsi Mata dan Telinga

Vitamin A yang terdapat pada bunga krisan ini berfungsi untuk mencegah iritasi atau kemerahan pada mata. Mengkonsumsi bunga ini dengan menjadikan minuman herbal dapat membantu anda untuk meningkatkan pendengaran dan membantu penglihatan yang kabur.

    3. Melawan Infeksi Bakteri

Bakteri merupakan organisme yang paling banyak jumlahnya dan lebih tersebar luas. Karena Jumlahnya banyak, tanpa disadari terkadang bakteri menempel pada tubuh kita, sehingg menimbulan infeksi. Untuk melawan bakteri jahat, sangatlah penting untuk memanfaatkan bunga krisan. Kandungan antispirochete yang dapat mengobati penyakit lama dan sifilis.

      4. Melancarkan Aliran Darah

Bunga krisan ini diperkaya dengan sejumlah senyawa penting yang dapat mencegah varises. Untuk membuat aliran darah berjalan lancar maka anda cukup mengkonsumsi teh bunga ini secara teratur. Itu adalah salah satu cara herbal yang memudahkan anda untuk mencegah terjangkitnya penyakit pembekuan pada darah.

      5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit. Bunga krisan dapat digunakan sebagai salah satu ramuan herbal yang bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah anda. Hanya dengan mengkonsumsinya dapat enurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah.

      6. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lain dari bunga ini bisa membantu anda dalam mengendalikan semua fungsi tubuh anda. System kerja otak sangatlah penting bagi anda untuk menjalankan aktifitas sehari-hari anda dalam bekerja. Kandungan herbal pada bunga ini berperan sebagai stimulant yang merangsang cara kerja otak.

      7.  Meredakan dan Menghilangkan Stress

Khasiat lain dari krisan adalah meredakan rasa cemas. Dengan aroma bunga krisan yang harum bisa membantu untuk berelaksasi. Selain itu, teh dari bunga ini juga dipercaya berkhasiat meredakan rasa gugup, meredakan rasa marah dan menyegarkan tenggorokan.

      8. Memperindah Bentuk Tubuh

Tentu semua wanita menginginkan tubuh yang indah dan juga sehat. Hal ini cukup mudah, hanya dengan mengkonsumsi teh bunga ini secara terutur maka perlahan akan membentuk tubuh yang indah. Kalsium pada bunga ini juga dapat membantu melindungi tulang anda. Selain itu juga mengandung kolin yang berperan aktif dalam metabolisme lemak sehingga bentuk tubuh anda tetap seimbang.

ada juga manfaat bunga Krisan lainnya yaitu

  • Meredakan batuk
  • Mengatasi masalah pernapasan
  • Mengobati perut kembung
  • Meringankan sakit kepala
  • Meredakan Stres
  • Menetralisir racun dalam hati
Sumber: Berbagai sumber
Oleh: Siti.J SMKN 1 Palasah
Shares
Share This