13 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Tubuh

Berbagai macam kebiasaan buruk. Sumber : Aryzauq

Ada banyak kebiasaan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, tetapi banyak pula kebiasaan yang buruk bagi tubuh. Dari yang terkesan sepele hingga parah, pasti akan mempengaruhi kesehatan. Dampak dari kebiasaan buruk cenderung bersifat jangka panjang.

Berikut ini adalah 13 Kebiasaan buruk yang merusak kesehatan tubuh:

1. Membunyikan Jari

Membunyikan jari ketika merasa pegal, kebiasaan itu sebenarnya tidak baik. Senyawa yang disebut cairan sinovial menjaga agar sendi-sendi tubuh bisa bergerak dengan leluasa. Suara yang keluar ketika membunyikan jari datang dari pecahny gelembung-gelembung di dalam cairan tersebut. Jika terlalu sering dilakukan, kemungkinan besar tangan anda akan membengkak dan memiliki pegangan yang melemah.

2. Menggigit Jari

Kebiasaan menggigit jari bisa merusak gigi dan juga kulit di sekitar lapisan kuku yang dapat menyebabkan infeksi. Anda juga bisa lebih mudah terkena demam dan penyakit lain jika sering meletakkan jari, yang banyak kuman ke dalam mulut. Jika anda sudah sering menggigit kuku akibat stres, carilah kebiasaan lain untuk mengatasinya.

3.  Kekurangan Tidur

Kurang tidur tidak hanya akan menyebabkan rasa kantuk dan lelah keesokan harinya. Namun, anda juga memiliki resiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan depresi. Ingatan juga akan menurun. Buatlah jam tidur rutin dan coba taati setiap saat. Tidur malam yang ideal untuk kesehatan tubuh adalah 7-8 Jam

4. Mendengerkan Musik Terlalu Keras Menggunakan Headset

Suara dihitung menggunakan satuan decibel (dB). Dalam percakapan sehari-hari, besar suara orang berkisar hingga 60 dB. Oleh sebabnya, lebih baik batasi volume headset di bawah 75 dB ketika mendengarkan musik. Jika terlalu keras, anda akan memiliki resiko kehilangan pendengaran seiring dengan bertambahnya umur. Kondisi ini sangat sering terjadi ketika sudah memasuki usia 75 tahun. Kehilangan pendengaran akan menyebabkan hilangnya jaringan otak.

5. Menggunakan Alat Elektronik Sebelum Tidur

Cahaya biru yang terpancar dari gadget elektronik seperti handphone, komputer, dan TV bisa merusak tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak cahaya di malam hari yang masuk ke mata bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan prostat, diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

6. Duduk Terlalu Lama

Kebanyakan orang menghabiskan terlalu banyak waktu di kursi. Memang, saat ini kebanyakan pekerjaan menuntut untuk duduk lama di hadapan komputer. Kebiasaan ini memperlambat metabolisme tubuh, artinya anda akan jadi lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain, termasuk penyakit jantung.

7. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Pria yang meminum alkohol lebih dari 14 kali dalam seminggu, dan wanita yang meminum alkohol lebih dari 7 kali dalam seminggu, memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit ginjal, penyakit hati, masalah pencernaan, masalah jantung, kerusakan tulang, dan bahkan beberapa jenis kanker.

8. Terlalu Banyak Makan

Jika memiliki kebiasaan makan yang banyak, seberapa sehatnya makanannya, pasti akan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan meningkatkan resiko terkena beberapa jenis kanker. Batasi porsi makan dan hitung berapa banyak anda memakan cemilan dalam sehari.

9.Makan Terlalu Cepat

Terlalu cepat mengunyah ketika makan akan membuat anda tidak merasa kenyang. Akibatnya, anda akan jadi terlalu sering makan. Jika mengunyah secara perlahan, anda akan merasa lebh kenyang. Karena, tubuh memiliki cara untuk menyadari jika sudah mengonsumsi cukup makanan. Oleh sebab itu makan dan kunyahlah makanan secara perlahan.

10. Terburu-buru Sikat Gigi

Sikat gigi belum tentu maksimal, Anda perlu membersihkan secara lebih teliti sisa-sisa makanan di sela gigi. Jika tidak bersih, gigi akan dipenuhi plak dan bakteri lain di gusi. Terlalu banyak plak di gigi bisa menyebabkan penyakit gusi, kondisi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes.

11. Mengonsumi Makanan Cepat Saji

Junk Food seperti soda, permen, donut, dan lainnya mengandung banyak kalori dan sedikit nutrisi. Gula dari makanan-makanan itu akan menyerap di darah secara cepat. Hal itu bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Usahakan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan nutrisi seperti buah dan sayuran.

12. Terlalu Sering Menyendiri

Anda tidak perlu harus selalu bertemu dengan orang lain. Yang penting adalah, Anda memiliki koneksi secara metal satu sama lain dengan orang terdekat. Jika terlalu menutup diri. Anda bisa terkena tekanan darah tinggi, depresi, dan penyakit otak.

13. Merokok

Dampak negatif kebiasaan rokok sudah banyak dikenal, Kebiasaan ini bisa menyebabkan penyakit jantung, kanker, diabetes, stroke, bronkitis, emfisema, dan masalah kesehatan lain. Merokok juga bisa meningkatkan resiko terkena tuberkulosis, masalah mata, dan penyakit sistem imun seperti artritis rheumatoid. Perokok pasif juga memiliki resiko terkena penyakit asma, penyakit jantung, kanker paru-paru, atau stroke.

 

Sumber : GueSehat
Diedit Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This