Kebiasaan sepele tapi penting di musim hujan

Kita sudah memasuki musim hujan, lebih baik mempersiapkan diri mengantisipasi hujan datang. Bisa dilakukan dengan selalu melihat cuaca dan menerapkan kebiasaan sepele namun penting. Mulai dari mengurangi kebiasaan kurang baik selama musim hujan dan menjaga kebersihan serta kesehatan rumah. Jangan sampai musim hujan ini kamu jatuh sakit dan mengganggu pekerjaan. Berikut ini adalah kebiasaan sepele tapi penting yang bisa dilakukan di musim hujan:

1. Jangan Lupa Bawa Payung

Jika anda membawa mobil pribadi, motor, maupun naik transportasi umum, bawalah payung ketika musim hujan. apalagi jika kamu sering naik angkutan umu, payung sangat membantu untuk menuju angkutan umum dan berpindah mode transportasi.

Cukup selipkan payung kecil yang bisa dilipat di dalam tas Anda. Ingat, tanpa payung ini, Anda bisa-bisa menunggu berjam-jam di halte bus berjam-jam menunggu hujan reda untuk pindah transportasi umum lainnya.

2.Jas Hujan

Jas hujan ini sepertinya wajib bagi pengendara sepeda motor. Jangan lupa selipkan jas hujan di bagasi motor Anda agar Anda bisa terus melaju di jalan raya meskipun hujan demi mencapai kantor tanpa terlambat, atau pulang ke rumah sesuai rencana.

3. Melihat Ramalan Cuaca

Kamu bisa melihat ramalan cuaca di situs BMKG (bmkg.go.id) pada hari ini, besok hingga dua hari ke depan.

Tapi ada juga cara mudah lainnya: kamu bisa melihat ramalan cuaca yang umumnya telah disediakan di setiap smartphone Anda.

Anda cukup mengaktifkan aplikasi cuaca (weather) tersebut dan bisa memantau cuaca bahkan secara jam-jam pada hari itu, selain hingga dua hari ke depan.

Sering kok ramalan tersebut tepat sesuai prediksi. Prediksi ini tentu sangat membantu Anda untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat ke kantor atau saat Anda hendak pulang ke rumah.

4. Pantau Banjir

Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi, motor atau mobil, sangat dianjurkan Anda memantau banjir sebelum berangkat. Terutama jika kondisi cuaca sedang hujan deras.

5. Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Di musim hujan, perilaku hidup bersih dan sehat harus diperhatikan agar Anda terhindar dari penyakit. Di musim hujan, penyakit lebih mudah menyerang kita daripada di musim panas.

Beberapa perilaku hidup bersih yang harus dikerjakan, menurut Kementerian Kesehatan, antara lain: makan atau minum yang sudah dimasak, tidak jajan sembarangan.

Selain itu, beristirahat cukup demi menjaga pertahanan tubuh. Juga agar Anda tetap mengupayakan kebersihan diri dan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu mencuci tangan dengan memakai sabun.

6. Minum Vitamin

Tidak ada salahnya Anda meminum vitamin yang terjangkau dan cocok dengan tubuh Anda. Ini bisa mencegah Anda terkena penyakit akibat kelelahan atau kehujanan.

Sekarang banyak tersedia vitamin di apotik yang bisa Anda miliki tanpa resep dokter. Atau Anda bisa mengkonsumsi vitamin yang dikemas dalam minuman botol.

 

Kebiasaan kecil tersebut sepele tapi sangat penting buat Anda selama musim hujan. Dengan begitu aktifitas Anda tidak terganggu, begitupula keuangan Anda tidak tekor.

Sumber : Kompas
Diedit Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)