Manfaat Musik bagi kesehatan

Meningkatkan Mood dengan mendengarkan Musik. Sumber : KlikDokter

Pasti hampir semua orang suka mendengarkan musik pada kondisi tertentu atau setiap saat. Biasanya seseorang mendengarkan musik untuk mengembalikan mood yang jelek atau sedang merasa begitu senang. Tapi tahukah Kamu kalau mendengarkan musik dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita?

Mendengarkan musik  merupakan salah satu bentuk aktivitas yang melibatkan fungsi bagian otak kita. Biasanya, kita mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas, seperti berolahraga, mengemudi mobil, tiduran, dan lain-lain. Berikut beberapa info dari manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan.

1. Musik untuk Diet

Biasanya, orang akan fokus dengan apa yang mereka makan dan jumlah porsinya ketika mendengarkan musik yang sedikit mellow dan lembut. Begitupun sebaliknya, ketika musik yang didengarkan cepat dan keras, orang cenderung makan lebih banyak, karena mungkin lagu dapat mentransfer irama ke otak.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat musik bagi kesehatan yang kedua adalah dapat membuat tidur Kamu jauh lebih nyenyak. Tipsnya yaitu cobalah untuk mendengarkan musik yang lembut ketika Kamu sedang tidak bisa tidur. Jika itu dilakukan, maka musik tersebut akan membuat Kamu lebih cepat tidur. Tapi bagi Kamu yang tidak bisa mendengar suara apa pun dan mudah terusik, mungkin ini bukan tips atau solusi yang tepat.

3. Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa secara psikologis fungsi pembuluh darah akan meningkat ketika sedang mendengarkan musik yang bahagia. Dan hal itu akan membuat tubuh Kamu menjadi lebih sehat, karena terjadi peningkatan aliran darah menuju jantung. Sama halnya dengan melakukan aktivitas olahraga, hampir semua tempat kebugaran sekarang memutarkan musik yang cepat dan gembira dengan cukup kencang. Hal ini dapat menstimulasi psikologis dan aliran darah Kamu agar lebih semangat saat berolahraga.

4. Memperbaiki Mood

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan yang terakhir yaitu dapat memperbaiki dan meningkatkan mood, seperti yang dikutip di atas, serta mengurangi rasa depresi. Ketika Kamu sedang dalam kondisi mood yang buruk dan tertekan karena masalah tertentu, cobalah untuk meluangkan waktu mendengarkan musik sesuai selera Kamu. Jika itu dilakukan, maka secara perlahan-lahan akan mengurangi rasa depresi. Saraf Kamu akan tenang dan membantu otak mengirimkan sinyal positif ke tubuh.

Demikianlah sedikit info yang penting dan menyenangkan, yang dapat Kamu terapkan di kehidupan dan kegiatan sehari-hari. Semoga dengan mendengarkan musik, kehidupan dan kegiatan Kamu jadi jauh lebih menarik, serta membawa dampak positif bagi Kamu maupun orang-orang di sekeliling Kamu.

Sumber : GueSehat

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This