Black Garlic

CirebonMedia.com – Bawang hitam atau bahasa kerennya black garlic merupakan obat herbal yang berkhasiat. Herbal satu ini telah lama dikonsumsi orang Jepang, Korea, dan Cina. Khususnya digunakan sebagai suplemen tubuh. Khasiat bawang hitam ini lebih tinggi dari bawang putih biasa.

Sebenarnya bawang hitam diolah dari bawang putih biasa namun ia mengalami proses fermentasi alami. Tanpa tambahan bahan pengawet ataupun kimia. Ciri bawang hitam adalah warna kulitnya kecoklatan dan di dalamnya bawang tersebut berwarna hitam.

Berbeda dengan bawang putih, bawang hitam berasa manis dengan sedikit asam. Rasanya tidak terlalu pedas dimulut. Bangsa thailand percaya kalau bawang hitam sangat berkhasiat dalam hal panjang umur. Ini karena bawang hitam mengandung antioksidan dua kali lipat baiknya daripada bawang putih biasa. Selain itu, juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.


Salah satu khasiat bawang hitam adalah anti-kanker. Image by Google

Anti Kanker

Bawang hitam sering disebut sebagai herbal anti kanker.Ini karena sulfide alil yang terkandung didalamnya. Selain itu juga terdapat kandungan phip yang merupakan salah satu bentuk amina heterosiklik, yaitu sejenis zat yang bisa memicu timbulnya kanker payudara.


Khasiat lainnya, merupakan obat hipertensi. Image by Google

Obat Hipertensi

Buat mereka yang punya masalah dengan tekanan darah, banyak riset yang mengakan bahwa bawang hitam sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, juga bisa menurunkan tekanan darah pada orang normal. Oleh sebab itu, meskipun berkhasiat baik jangan dikonsumsi secara berlebihan.


Yang pasti, bawang hitam rendah kalori namun kaya nutrisi. Memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi didalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Uniknya, bawang hitam tidak punya kandungan lemak jenuh dan kalori yang membahayakan tubuh. jadi herbal ini bisa membantu menjadikan tubuh tetap sehat dan bebas dari serangan penyakit.

 

Ditulis oleh: Bety

Diedit oleh: Bams Putra

Shares
Share This