SIMAK YUK BEBERAPA TIPS UNTUK MEMILIH MASKER WAJAH SESUAI JENIS KULIT

Diantara berbagai produk kecantikan wanita, masker wajah adalah salah satu produk andalan yang sudah ada sejak jaman Cleopatra. Jika pada jaman dahulu masker wajah hanya dengan menggunakan bahan alami yaitu putih telur, maka sekarang Anda bias memilih produk masker sesuai jenis kulit Anda.

Masker wajah digunakan setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu, tergantung pada kebutuhan kulit Anda. Bahan- bahan yang diramu untuk masker sudah bervariasi mulai dari lemon hingga green tea. Nah, supaya manfaat dari masker bisa lebih maksimal, simak yuk tips memilih masker sesuai jenis kulit wajah Anda.

  • KULIT WAJAH NORMAL

Kulit wajah Normal memiliki kelembapan wajah yang cukup. Jika Anda memiliki jenis kulit wajah Normal, Anda bisa menggunakan jenis masker wajah jenis apapun di pasaran , mulai dari clay mask, sheet mask, hingga masker krim. So.. Anda bisa bebas bereksperimen memilih masker yang ingin Anda pakai !

 

  • KULIT WAJAH KOMBINASI (BERMINYAK DAERAH T WAJAH)

Jenis kulit wajah ini mempunya ciri berminyak hanya di daerah T wajah ( dahi, hidung, dagu). Jenis kulit ini akan mendapatkan manfaat optimal dari penggunaan clay mask atau charcoal mask. Clay mask mengandung bahan tanah liat alami yang mampu membersihkan secara mendalam dengan dengan menarik segala kotoran dan minyak yang menyumbat pori, saat masker tersebut mengering dan mengencang tanpa benar-benar membuat wajah Anda kering. Selain itu, kulit wajah ini pun cocok menggunakan sheet mask dan masker alami, karena kandungan tersebut berbahan dasar air yang berfungsi untuk melembapkan kulit sedangan buah dan sayuran segar tertentu mengandung agen anti-bakteri yang mampu meredakan minyak berlebih dan jerawat. Mencoba masker jeruk nipis pun bias Anda pertimbangkan karena jeruk nipis kaya akan citric acid yang juga bersifat anti-bakteri dan melawan bakteri penyebab jerawat.

 

  • KULIT WAJAH KERING

Jenis kulit wajah ini sebaiknya menggunakan jenis masker yang menyediakan kelembapan ekstra ,sepertiu masker peel-off, krim, sheet mask, firming mask, atau masker alami buatan sendiri yang terbuat dari buah-buahan.

Maker peel-off berfungsi mengencangkan kulit dan menstimulasi peredaran darah agar lebih lancer, sementara masker exfoliate yang mengandung glycolic acid akan mengangkat sel-sel kulit mati dan menyingkirkan garis halus dan keriput. Memilih masker hangat juga bias membuat kulit wajah Anda halus  dan menstimulasi peredaran darah Anda. Masker hangat bisa Anda jumpai di tempat spa.

 

  • KULIT WAJAH SENSITIF

Jenis kulit wajah ini sebaiknya menggunakan masker krim yang mengandung mineral alami untuk menenangkan efek iritasi. Anda juga bisa menggunakan masker berbahan dasar teh, seperti Kombucha atau teh hijau, atau purifying mask yang bermanfaat sebagai pembersih wajah dan menghilangkan kemerahan pada wajah.

 

  • KULIT WAJAH KUSAM

Untuk mengatasi wajah yang kusam gunakan masker exfoliate atau radiance mask. Exfoliator yang terkandung dalam masker bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan menstimulasi pertumbuhan jaringan kulit baru sedangkan radiance mask mengandung pemutih yang mencerahkan warna kulit wajah Anda.

 

Sumber : hellosehat.com, journal.sociolla.com

 

Penulis : Nita

Maker wajah alami –
foto: metroeve.com

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This