MEDITASI, OBAT PENURUN STRESS PALING AMPUH

Cirebonmedia.com- Meditasi pada umumnya dilakukan orang untuk membantu menurunkan stress, meningkatkan kesehatan fisik, bahkan meringankan nyeri kronis. Banyak juga yang melakukan ritual itu untuk membuat tidur lebih baik, atau agar merasa lebih bahagia dan lebih damai. Pada tingkat lanjut, ritual ini merupakan sebuah media untuk mencapai supranatural-experience dimana fenomena ini diyakini dapat membantu kita mengungkapkan misteri siapa diri kita, dan mengantarkan kita ke beberapa pencapaian spiritual lain.

Pada intinya, Meditasi yang terkadang disebut juga semadi adalah praktik relaksasi dengan cara melepaskan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Dengan kata lain, meditasi adalah praktek melepaskan diri dari penderitaan pemikiran baik dan buruk yang sangat subjektif, yang kemudian secara proporsional pemikiran tersebut lebih dapat kita kontrol demi kebaikan kita. Dengan melakukan meditasi, kita akan lebih menyadari bahwa hidup merupakan serangkaian pemikiran, penilaian, dan pelepasan subjektif yang tiada habisnya, lalu secara intuitif mulai kita lepaskan. Dalam keadaan pikiran yang bebas dari aktivitas berpikir, manusia dapat lebih ‘menemukan’ dirinya hidup, dan tetap SADAR.

Meditasi membawa manfaat yang besar baik secara langsung maupun tidak langsung pada fisik. Diantaranya adalah kesembuhan dari penderitaan penyakit tertentu. Selain itu, meditasi dipercaya sebagai penawar stres paling ampuh. Saat kita mengalami stres, maka denyut jantung dan tekanan darah meningkat, pernapasan menjadi cepat dan pendek, dan kelenjar adrenalin memompa hormon-hormon stres. Dengan melakukan meditasi, detak jantung melambat, tekanan darah menjadi normal, pernapasan menjadi tenang, dan tingkat hormon stres menurun. Itulah mengapa meditasi adalah anti-stres yang paling baik.

meditasi
Posisi Tubuh Saat Meditasi. Foto: http://2.bp.blogspot.com

Hal pertama yang diperlukan saat melakukan meditasi adalah, Anda harus dapat menurunkan frekuensi gelombang otak terlebih dulu dengan cara relaksasi. Proses ini bertujuan untuk mengenali irama gelombang yang mengalir yang sering mengacaukan peningkatan kesadaran dalam meditasi agar dapat dibuat menjadi selaras. Ada banyak kiat dalam melakukan meditasi, berikut dasar-dasarnya:

  • Cari tempat yang tenang
  • Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman.
  • Bagi sebagian orang duduk bersila terasa tenang. Anda boleh duduk di atas bantalan atau handuk. Anda juga bisa menggunakan kursi, tetapi usahakan duduk hanya pada setengah bagian depan kursi.
  • Bahu Anda harus rileks dan tangan diletakkan di pangkuan.
  • Buka mata setengah tanpa benar-benar menatap apa pun.
  • Jangan berusaha mengubah pernapasan Anda biarkan perhatian Anda terpusat pada aliran napas. Tujuannya adalah agar kehebohan dalam pikiran Anda perlahan menghilang.
  • Lemaskan setiap otot pada tubuh Anda. Jangan tergesa-gesa, perlu waktu untuk bisa rileks sepenuhnya; lakukan sedikit demi sedikit, dimulai dengan ujung kaki dan terus ke atas sampai kepala.
  • Visualisasikan tempat yang menenangkan bagi Anda. Bisa berupa tempat yang nyata atau khayalan.
  • Waktu yang baik untuk melakukan meditasi adalah antara pukul 02.00-04.00 dini hari atau subuh. Namun, jika waktu tersebut tidak memungkinan maka dapat dipilih waktu yang cocok tanpa gangguan saat melakukan meditasi.
Dalam keadaan pikiran yang bebas dari aktivitas berpikir, manusia dapat lebih ‘menemukan’ dirinya hidup, dan tetap SADAR.

Setelah memahami fungsi, tujuan, dan cara meditasi, kini anda dapat mencoba melakukannya sendiri. Lakukan secara rutin dan teratur, maka hasil yang akan didapatkanpun semakin baik. Selamat mencoba 😊

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This