Anoreksia Nervosa Penyakit yang Rentan Menyerang Perempuan

Cirebon Media – Memiliki tubuh yang ramping memang keinginan setiap perempuan, seringkali tubuh yang kurus dianggap merupakan tubuh yang ideal sehingga berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Salah satunya adalah dengan diet yang kuat untuk menurunkan berat badan yang berlebih.

Memiliki tubuh gemuk diatas normal memang tidak baik, untuk itu diet memang baik dilakukan oleh orang yang memiliki berat badan di atas normal supaya berat badan menjadi ideal serta terhindar dari obesitas. Akan tetapi ada dampak buruk juga dari diet ini jika diet yang dilakukan tidak sehat dan tidak sesuai dengan aturan. Melakukan program diet haruslah dalam pengawasan dokter, karena diet yang tidak sesuai aturan dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Salah satu penyakit berbahaya akibat diet berlebihan adalah Anoreksia Nervosa.

Anoreksia Nervosa adalah salah satu dari masalah kesehatan, dimana orang yang mengalaminya memiliki keinginan mempunyai tubuh yang kurus dan memiliki rasa ketakutan jika pengidap terlihat gemuk. Bahkan dirinya akan terus merasa kurang kurus padahal sudah melebihi batas. Ia akan selalu memperhatikan perubahan tubuhnya di depan cermin.

Biasanya yang mengidap penyakit anoreksia ini adalah anak remaja khususnya perempuan, karena masa ini memang dianggap sebagai masa peralihan dari remaja ke dewasa sehingga anak muda sebisa mungkin menjaga bentuk tubuhnya. Selain mengurangi pola makan, penderita anoreksia sebisa mungkin akan memuntahkan kembali makanannya. Tentunya hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan, maka dari itu kita perlu kenali ciri-ciri anoreksia nervosa dan penyebabnya.

*Ciri-ciri pengidap anoreksia nervosa:

  1. Pengidap anoreksia biasanya mengalami penurunakn berat badan dengan seignifikan dan tubuhnya terlihat sangat kurus.
  2. Biasanya Orang yang terkena masalah kesehatan ini akan selalu memperhatikan bentuk tubuh dirinya di depan cermin.
  3. Hampir tiap waktu menimbang berat badan tubuh.
  4. Makanan yang sudah dikonsumsi sering mereka muntahkan kembali.
  5. Kebiasaan berbohong apabila pengidap ditanya sudah makan atau belum.
  6. Pengidap anoreksia nervosa biasanya sangat memperhitungkan jumlah dari lemak, gula dan kalori dari makanan yang akan di konsumsi.
  7. Olahraga yang dilakukan sering atau terlalu berlebihan.
  8. Terkena masalah kesehatan yang diakibatkan dari masalah anoreksia penderita sendiri, diantaranya dehidrasi, mengalami kelelahan, tekanan darah yang rendah, rambut menjadi rontok, perasaan pusing, dan keadaan kulit yang kering.
  9. Pengidap biasanya memiliki kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan pencahar dan obat yang dapat menekan nafsu makan.

*Penyebab pengidap anoreksia:

Sebagian ahli percaya bahwa masalah kesehatan anoreksi nervosa ini bersumber dari berbagai faktor, diantaranya faktor dari psikologis pengidap, faktor dari lingkungan dan juga faktor dari genetika atau keadaan biologis. Anoreksia nervosa bisa didiagnosis oleh dokter ahli. Dokter biasanya akan memberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur tentang pola makan dan gangguan makan yang pengidap alami, hal ini yang akan menjadi acuan dokter untuk menentukan kondisi dari pasiennya.

Untuk menolong penderita anoreksia, diperlukan dukungan yang membujuk dari pihak medis. Dukungan dan bujukan juga penting dilakukan oleh pihak keluarga, teman dan kerabat, karena pengidap penyakit ini selalu menganggap dirinya tidak bermasalah.

Memiliki tubuh yang ramping memang pilihan yang baik, namun kita harus tetap memperhatikan kesehatan. Jangan sampai diet berlebihan yang akhirnya akan merusak kesehatan tubuh kita.

Penulis: Helda Damayanti

Sumber:

http://hariansehat.com/gejala-penyakit-anoreksia-nervosa-dan-penyebabnya/

http://www.iyenblog.com/2015/08/anoreksia-penyakit-berbahaya-akibat.html#

 

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This